Selaju Sampan Dayuang Palinggam, Olahraga Tradisional Sejak Zaman Kolonial Belanda

Selaju Sampan Dayuang Palinggam, Olahraga Tradisional Sejak Zaman Kolonial Belanda

Peserta Selaju Sampan Dayuang Palinggam (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Ribuan masyarakat Kota Padang ramaikan Kejuaraan Selaju Sampan Dayuang Palinggam yang diselenggarakan di kawasan Sungai Batang Arau, Seberang Palinggam, Padang. Even tersebut memperebutkan Piala Kapolda Sumatra Barat 2019, Rabu (20/02/2019).

Kejuaraan selaju sampan diselenggarakan selama lima hari, dimulai hari ini, hingga Minggu (24/02/2019). Diikuti 117 tim, terdiri dari polres se-kabupaten/kota di Sumbar, Brimob dan Polairud sebanyak 21 tim. Lalu, 96 tim lainnya kategori umum.

Novermal, Ketua Panitia Selaju Sampan Dayuang Palinggam menyebutkan, even tersebut sudah ada sejak zaman kolonial belanda. Namun, sekira tahun 80an, tidak pernah lagi diselenggarakan.

“Asal mula selaju sampan merupakan permainan anak Seberag Palinggam. Permainan itu sempat hilang, dan kita ingin diselengarakan kembali,” ujarnya.

Lampiran Gambar

Irjen Pol Fakhrizal, Kapolda Sumbar hadir dalam even Selaju Sampan Dayuang Palinggam (Foto: Rahmadi)

Hadir kembali Selaju Sampan Dayuang Palinggam, kata Novermal, merupakan inisiatif Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal, yang merupakan urang sumando Seberang Palinggam. “Tujuannya mengangkat kembali budaya tradisional. Kita ingin selaju sampan dikenal kembali oleh masyarakat hingga ke tingkat nasional,” jelasnya.

Tidak hanya itu, selaju sampan juga bertujuan untuk mengajak masyarakat hidup bersih serta tidak lagi membuang sampah ke sungai. “Kita berencana setiap tahun even ini diselenggarakan. Kita ingin Polda Sumbar dan masyarakat terus bekerjasama, terserah siapapun kapoldanya nanti,” ungkap Novermal.

Kapolda Sumatra Barat, Irjen Pol Fakhrizal dalam sambutannya mengatakan, kejuaraan Selaju Sampan Seberang Palinggam bertujuan mempererat silaturrahmi serta menjaga kelestarian Batang Arau.

“Juga ingin menggairahkan dunia olahraga di Sumbar, yaitu selaju sampan,” ujarnya.

Fakhrizal berharap even ini dapat meredam panasnya kondisi politik menjelang pemilu 2019. Sehinga dapat menyukseskan pemilu aman, damai dan badunsanak di Sumbar.

“Terimakasih kepada masyarakat Seberang Palinggam atas terlaksananya acara ini. Kepada para pendayung, marilah kita bermain sportif,” jelasnya. (Rahmadi/FZ)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Dispora Sumbar Gelar Kejurnas Pencak Silat 2022 di Payakumbuh, Berikut 13 Kelas yang Dipertandingkan
Dispora Sumbar Gelar Kejurnas Pencak Silat 2022 di Payakumbuh, Berikut 13 Kelas yang Dipertandingkan
Langgam.id - Ketua DPRD Sumatra Barat (Sumbar) Supardi meminta Cabang Olahraga (Cabor) di Sumbar semakin maju kedepannya.
Pengurus Persani Dilantik, Ketua DPRD Sumbar Minta Majukan Cabor Senam
Tunda Pengumuman Verifikasi, Tim Bakal Calon Ketua Datangi KONI Sumbar
Tunda Pengumuman Verifikasi, Tim Bakal Calon Ketua Datangi KONI Sumbar
Berita Padang Panjang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Sejumlah kuda pacu sudah mulai berdatangan ke Bancalaweh, Padang Panjang.
Pertadingan Dimulai 26 Juni, Sejumlah Kuda Pacuan Mulai Latihan di Bancalaweh
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Unand, UNP dan LLDIKTI Wilayah X menjadi tuan rumah bersama POMNAS XVII 2022.
Unand dan UNP Tuan Rumah POMNAS 2022, 5 Ribu Atlet Bakal ke Sumbar
Langgam.id - Klasemen Sumbar PON Papua
PON XX Papua Usai: Jabar Juara Umum, Sumbar Peringkat 15