Selain Beras Kencur, Ini 7 Jamu Populer sebagai Obat Tradisional

Penjual Jamu Untung Karena Corona

Martini, seorang penjual Jamu Gendong di Kota Padang (Foto: Irwanda/Langgam.id)

Langgam.id - Jamu merupakan produk kearifan lokal masyarakat Nusantara sejak lama. Upaya pengobatan dengan obat-obatan tradisional merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dan sekaligus merupakan teknologi tepat guna yang potensial untuk menunjang kesehatan.

Hasil alam itu lah yang dikembangkan untuk digunakan sebagai obat tradisional menyembuhkan berbagai penyakit. Ramuan tanaman obat yang kemudian dikenal dengan sebutan "jamu".

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, masyarakat terutama yang tinggal di perkotaan perlahan-lahan mulai memilih produk kesehatan baru dibandingkan jamu. Meski demikian, jamu tetap eksis di tengah masyarakat.

Baca juga: Karena Corona, Penjual Jamu di Padang Laris Manis

Berikut adalah jenis-jenis jamu dan khasiatnya :

1. Jamu beras kencur, dalam pembuatannya jamu beras kencur memiliki beberapa variasi bahan yaitu seperti beras, kencur, biji Kedawung, rimpang, jahe, bini kakapilogo, buah asam, kayu keningar, kunir dan sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur dengan gula putih. Jamu ini memiliki khasiat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh sebagai tonikom atau penyegar sehabis bekerja.

2. Jamu cabe pulang, untuk menghilangkan cikalen, pegal, namun juga untuk menghilangkan kesemutan, keluhan badan panas dingin atau demam.

3. Jamu kunyit atau kunir asem, memiliki khasiat menghindarkan dari panas dalam ataupun pun sariawan, serta membuat perut menjadi dingin.

4. Jamu pahit, memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, untukenambah nafsu makan menghilangkan bau badan dan menurunkan kolesterol.

5. Jamu kunci suruh, memiliki khasiat untuk mengobati keputihan, menghilangkan bau badan, menguatkan gigi, serta mengecilkan rahim dan perut.

6. Jamu uyup-uyup, biasanya digunakan untuk meningkatkan produksi air susu ibu pada ibu yang sedang menyusui.

7. Jamu sinom, tidak memiliki banyak perbedaan dengan jamu kunir asam hanya saja jamu sinom ditambahkan bahan sinom.

8 Jamu kudu laos, digunakan untuk menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan, menambah nafsu makan, melancarkan haid, dan menyegarkan badan.(Tempo/Ela)

Baca Juga

pelonggaran ppkm, obat tradisional covid-19, vaksin ibu hamil
Satgas: Pemerintah Dukung Penggunaan Obat Tradisional untuk Covid-19
Tim Malut United menggelar latihan di lapangan sepakbola Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP) kampus Air Tawar p
Malut United Latihan di Lapangan FIK UNP Jelang Semifinal Leg 2 Hadapi Semen Padang FC
Bulog Sumbar Siapkan 22 Ribu Ton Beras di Tengah Mahalnya Harga Pangan
Bulog Sumbar Siapkan 22 Ribu Ton Beras di Tengah Mahalnya Harga Pangan
Hujan Lebat Rusak Empat Titik Ruas Jalan di Simarasok Agam
Hujan Lebat Rusak Empat Titik Ruas Jalan di Simarasok Agam
Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Perbankan, Semen Padang MoU dengan BRI
Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Perbankan, Semen Padang MoU dengan BRI
Panitia seleksi mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan (UKK) Calon Komisaris Independen PT Jamkrida Sumbar Periode 2024-2027.
5 Calon Komisaris Independen PT Jamkrida Sumbar Bakal Ikuti Tahapan Wawancara