Sekda Dharmasraya Buka Job Fair di SMKN 1 Koto Baru

Sekda Dharmasraya, Adlisman membuka secara resmi Bursa Kerja atau Job Fair SMKN 1 Koto Baru tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 1

Kegiatan Bursa Kerja atau Job Fair di SMKN 1 Koto Baru. [foto: Pemkab Dharmasraya]

Langgam.id – Sekda Dharmasraya, Adlisman membuka secara resmi Bursa Kerja atau Job Fair SMKN 1 Koto Baru tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 1 Koto Baru, Selasa (31/10/2023).

Pada kesempatan itu, Adlisman mengatakan bahwa masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Dharmasraya merupakan masalah bersama dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah saja untuk menyelesaikannya.

Akan tetapi terangnya, diperlukan peran aktif masyarakat baik dari pihak pemberi kerja atau perusahaan, para pengusaha, ataupun para pencari kerja. Serta stakeholder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan, termasuk bursa kerja khusus (BKK) yang ada di SMK.

“SMKN I Koto Baru merupakan salah satu SMK pusat keunggulan yang ditetapkan pada tahun 2022. SMKN I Koto Baru sebagai satuan pendidikan vokasi diharapkan mampu membantu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan, Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa Pemkab Dharmasraya mengajak seluruh pelaku usaha dan para pencari kerja untuk dapat bersama-sama membangun ekonomi berkelanjutan yang bertujuan untuk memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakat Kabupaten Dharmasraya.

"Salah satu upaya menangani masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Dharmasraya yang saat ini dilakukan pemerintah daerah, di antaranya dengan mengadakan kegiatan Job Fair. Acara ini memfasilitasi atau mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusahaan," bebernya.

Adlisman mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja, sehingga mempercepat proses rekrutmen dan penempatan tenaga kerja.

“Job Fair ini bukanlah satu-satunya platform penyebarluasan informasi pasar kerja, bapak atau ibu tetap bisa mengakses informasi pasar kerja melalui layanan bursa kerja online yang ada di Dinas Transmigrasi dan tenaga kerja pengupahan maupun jaminan sosial serta hak-hak kesejahteraan lainnya yang dilindungi berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan di bidang ketenagakerjaan,” ucapnya.

Ia mengatakan, dengan memberikan perlindungan yang layak bagi tenaga kerja, maka operasional usaha diharapkan dapat terlaksana dengan baik. Sehingga baik para investor maypun tenaga kerja secara bersama-sama akan menopang ekonomi daerah dengan harmonis dan berkelanjutan.

"Perkembangan teknologi informasi hari ini, tidak lagi membatasi komunikasi kita, sehingga semua jenis informasi dapat tersebar dengan cepat dan tak terbatas. Untuk itu, perlu arif dan bijak dalam memilah milih informasi," tuturnya.

"Pilihlah informasi yang berguna untuk meningkatkan kapasitas diri kita. Saat ini berbagai platform milik pemerintah maupun swasta telah memberikan kemudahan bagi semua orang mendapatkan akses ke pasar kerja," tambahnya.

Selain itu, ungkap Adlisman, pihaknya juga mendorong para pencari kerja untuk berwirausaha secara mandiri, sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM.

Dirinya telah mengintruksikan kepada masing-masing perangkat daerah di lingkup pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk memiliki UMKM binaan. Sehingga keberlangsungan wirasusahawan di Kabupaten Dharmasraya dapat terfasilitasi dengan baik. (*)

Baca Juga

Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin Apel Gabungan Bulan Maret di halaman Kantor Bupati pada Senin (4/3/2024). Apel
Pimpin Apel Gabungan Bulan Maret, Ini Arahan Bupati Dharmasraya
Polres Dharmasraya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Singgalang 2024" dalam rangka pengamanan Idul Fitri
Polres Dharmasraya Kerahkan 210 Personel Amankan Lebaran 2024
Dalam rangka mengikuti Festival Ramadhan Nasional, Baznas Dharmasraya menyalurkan 520 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan
Baznas Dharmasraya Salurkan 520 Paket Sembako pada Festival Ramadan
Ketua Baznas Dharmasraya Z Lubis ikut serta bersama rombongan Pemda Dharmasraya yang dipimpin oleh Bupati Dharmasraya dalam rangka
Baznas Dharmasraya Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Pessel