Sebelum Launching, Pemkab Dharmasraya Sosialisasikan Inovasi Mall Trisuaka

DPMD Dharmasraya menginisiasi inovasi Mall Trisuaka. Wadah Pemberdayaan dan Promosi bagi Usaha Peningkatan Perekonomian Keluarga (UP2K).

Pemkab Dharmasraya melakukan sosialisasi inovasi Mall Trisuaka. [foto: Pemkab Dharmasraya]

Langgam.id - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Dharmasraya menginisiasi inovasi Mall Trisuaka. Inovasi ini merupakan wadah Pemberdayaan dan Promosi bagi Usaha Peningkatan Perekonomian Keluarga (UP2K).

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan dapat memperkuat ketahanan keluarga sehingga terwujud keluarga-keluarga sejahtera.

“Kami menganalisa, sebetulnya hampir setiap keluarga mempunyai potensi ekonomi spesifik, seperti produk-produk yang dihasilkan dalam lingkup keluarga, akan tetapi belum mempunyai wadah promosi sehingga pemasarannya belum optimal,” ujar Kabid Kelembagaan Masyarakat, Dwi Revita Kemala, selaku inovator, di Koto Padang, Selasa (26/9/2023).

Ia mengungkapkan bahwa Mall Trisuaka yang merupakan akronim Transparan, Responsif, Inovatif, Sustainable, Keluarga Sejahtera. Inovasi ini akan menjadi wadah agar produk-produk yang dihasilkan dalam lingkup keluarga mempunyai kesempatan lebih luas untuk dikenal calon konsumen, meningkatkan penjualan produk dan yang bermuara pada penambahan penghasilan keluarga.

“Untuk konsep dari Mall Trisuaka itu sendiri ada dua, yakni secara fisik yang berada di lantai 2 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan dalam bentuk online melalui malltrisuaka.store,” bebernya.

Dwi Revita menyebutkan, untuk menunjang kegiatan inovasi ini, telah dilaksanakan sosialisasi kepada seluruh OPD se-Kabupaten Dharmasraya dan Tim Penggerak PKK secara berjenjang dari kabupaten, kecamatan dan naagari.

Selain mendapat dukungan dari Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, inovasi ini juga melibatkan perbankan, Baznas dan pihak swasta lainnya seperti Mata Air Swalayan.

“Untuk kelancaran pelaksanaan inovasi ini, yang diharapkan terus berkelanjutan, telah diterbitkan Surat Keputusan Bupati Dharmasraya terkait Pengelola, Pelaksana dan Penanggungjawab dari Mall Trisuaka tersebut,” tuturnya.

Kemudian, dalam rangka menanamkan pemahaman operasional inovasi ini, Dewi Revita mengaku, pihaknya juga akan melaksanakan bimbingan teknis bagi 11 Koordinator UP2K Kecamatan dan 52 Operator Pelaku UP2K Nagari.

“Insya Allah selanjutnya akan dilaksanakan launching Mall Trisuaka pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 yang akan datang,” ujarnya. (*)

Baca Juga

Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin Apel Gabungan Bulan Maret di halaman Kantor Bupati pada Senin (4/3/2024). Apel
Pimpin Apel Gabungan Bulan Maret, Ini Arahan Bupati Dharmasraya
Polres Dharmasraya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Singgalang 2024" dalam rangka pengamanan Idul Fitri
Polres Dharmasraya Kerahkan 210 Personel Amankan Lebaran 2024
Dalam rangka mengikuti Festival Ramadhan Nasional, Baznas Dharmasraya menyalurkan 520 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan
Baznas Dharmasraya Salurkan 520 Paket Sembako pada Festival Ramadan