Reydonnyzar Moenek Serahkan Bantuan Korban Banjir untuk Pegawai DPD RI

BANTUAN BANJIR

Sekretaris Jenderal DPD RI, Reydonnyzar Moenek menyerahkan langsung bantuan musibah banjir untuk pegawai di lingkungan DPD RI (Foto: Dok. DPD RI)

Langgam.id - Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar Moenek menyerahkan langsung bantuan musibah banjir yang terjadi beberapa minggu lalu kepada pegawai di lingkungan DPD RI. Bantuan tersebut berasal dari kantong pribadi Ketua DPD RI, kas Dharma Wanita DPD RI, dan kas Korpri DPD RI.

“Musibah banjir memang tidak diharapkan oleh siapa pun. Namun, itu sudah terjadi, maka terkait pristiwa itu, kami segenap Pimpinan DPD RI, Dharma Wanita DPD RI, dan Korpri DPD RI kami merasa prihatin. Alhamdulilah Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti cepat merespon pristiwa ini,” ujarnya di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Menurut Reydonnyzar, bantuan ini tidak ada artinya dengan apa yang telah dialami, baik itu kerugian materil dan moril. Namun, dengan segala ketawakalan dan kesabaran atas musibah yang telah dihadapi ini, semoga bisa membawa berkah dan hikmah tersendiri bagi kita semua.

“Tapi bagaimana ke depannya, kita harus bersiaga dengan musibah yang tidak dapat diduga ini. Namun, Alhamdulilah musibah yang telah berlalu ini bisa membawa berkah dan hikmah bagi kita,” ungkapnya.

Reydonnyzar menambahkan, bantuan ini juga merupakan bentuk kebersamaan dalam kepedulian di lingkungan DPD RI. “Di sini kita tidak melihat status dan jabatannya, mau PNS, PPNPN, atau outsourcing, semua kita sama dan bersaudara,” jelasnya.

Terkait sisa dana bantuan, katanya, yang telah terkumpul dari  Ketua DPD RI, kas Dharma Wanita DPD RI, dan kas Korpri DPD RI akan dialokasikan untuk task force atau untuk bencana dan kedukaan. “Nanti ini semua ada bentuk pertanggungjawabannya,” kata Reydonnyzar.

Sementara itu, Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD RI, Adam Bahctiar menambahkan, bahwa sebelumnya Ketua DPD RI juga telah menyalurkan sumbangan di Kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat dan Kali Baru, Bekasi.

Untuk hari ini, kami menyerahkan bantuan musibah banjir kepada pegawai di Lingkungan DPD RI baik itu PNS, PPNPN, maupun outsourcing.

“Kami melaporkan, terkait penyaluran kali ini, terdapat donatur dari Ketua DPD RI sebesar Rp100.000.000, kas Korpri DPD RI Rp100.000.000, dan iuran anggota Korpri sebanyak Rp10.580.000. Sedangkan iuran dari Dharma Wanita DPD RI Rp26.000.000. Jadi, total keseluruhan yang telah dikumpul sebesar Rp236.580.000,” ujar Adam.

Ia menjelaskan, untuk sementara, dalam pembagian sumbangan ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu ringan, sedang dan berat. Untuk kategori ringan, mendapatkan bantuan sebesar Rp1.000.000, sedang Rp2.000.000 dan berat Rp4.000.000.

Total keseuluruhan pegawai DPD RI yang terdampak banjir, kata Adam, mencapai 86 orang. “Kategori berat 24 orang, sedang 40 orang, dan ringan 22 orang. Jadi, total 86 orang. Bantuan yang kita serahkan itu sejumlah Rp198.000.000. Saat ini, masih ada dana sisa Rp38.580.000,” jelas Adam.

Menurut Adam, awalnya Sekretariat Jenderal DPD RI berencana akan membagi habis dana yang telah diterima. Namun, mengingat saat ini sering hujan, maka disisihkan untuk nanti. “Bukan kita mengharapkan banjir, namun dana sisa ini untuk berjaga-jaga, karena menggumpulkan dana segar dengan cepat agak terlalu susah,” katanya.

Dalam acara bantuan musibah banjir ini, turut hadir Deputi Bidang Persidangan Sefti Ramsiaty, dan para pejabat eselon II lainnya, serta segenap Aparatur Sipil Negara di lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI. (*/Inforial)

Baca Juga

Sumur Resapan Air: Solusi Efektif untuk Konservasi Air Tanah
Sumur Resapan Air: Solusi Efektif untuk Konservasi Air Tanah
Calon anggota DPD terpilih daerah pemilihan (Dapil) Sumatra Barat, Jelita Donal, turut menanggapi terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK)
Putusan MK Soal Pemilihan Ulang Anggota DPD Sumbar, Jelita Donal: Kita Merasa Terzalimi
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Ngarai Sianok Terancam Krisis Ekosistem dan Bencana Alam: Ahli Konservasi Tanah dan Air Usulkan Mitigasi Konkret
Ngarai Sianok Terancam Krisis Ekosistem dan Bencana Alam: Ahli Konservasi Tanah dan Air Usulkan Mitigasi Konkret
Banjir Ngarai Sianok Timbulkan Sejumlah Dampak
Banjir Ngarai Sianok Timbulkan Sejumlah Dampak