Revitalisasi Tren Budaya Populer Melalui TikTok: Sebuah Fenomena yang Mengubah Paradigma

Revitalisasi Tren Budaya Populer Melalui TikTok: Sebuah Fenomena yang Mengubah Paradigma

Kuntum Khaira. (Foto: Dok. Pribadi)

TikTok, platform berbagi video berdurasi pendek, telah menjadi fenomena global yang merevolusi cara kita mengonsumsi dan berinteraksi dengan budaya populer. Dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, TikTok telah menjadi wadah yang ampuh untuk merevitalisasi tren budaya populer, mengubah paradigma, dan membentuk kembali lanskap media.

TikTok telah menjadi katalisator dalam menghidupkan kembali tren budaya populer yang telah lama terlupakan. Contoh yang menonjol adalah kebangkitan musik disko. Pada tahun 2020, lagu "Say So" oleh Doja Cat menjadi hit besar di TikTok, memicu tren luas untuk tarian dan kreasi video yang terinspirasi disko. Hal ini menyebabkan peningkatan popularitas musik disko di kalangan generasi muda, yang sebelumnya mungkin tidak mengenal genre tersebut.

TikTok juga berdampak signifikan pada industri mode. Para pengguna menggunakan platform ini untuk berbagi kiat gaya, menunjukkan pakaian unik, dan menciptakan tren baru. Tagar seperti #OOTD (Outfit of the Day) dan #FashionInspo menjadi populer, memungkinkan pengguna untuk menginspirasi dan terinspirasi oleh orang lain. Platform ini telah menjadi inkubator bagi desainer yang sedang naik daun, memberi mereka kesempatan untuk memamerkan karya mereka kepada audiens global.

Munculnya TikTok telah menciptakan jenis pembuat konten baru. Pengguna biasa kini memiliki kekuatan untuk menjadi influencer, menjangkau jutaan orang dengan video mereka. Pembuat konten TikTok sering kali lebih otentik dan relatable dibandingkan selebriti tradisional, memungkinkan mereka untuk menjalin hubungan yang lebih kuat dengan pengikut mereka. Hal ini telah mengubah dinamika industri hiburan, karena pembuat konten TikTok sekarang menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan.

TikTok telah mengubah cara orang mengonsumsi media. Video berdurasi pendek dan format yang adiktif dari TikTok menarik pengguna berlama-lama di platform, menghabiskan berjam-jam menggulir konten. Hal ini telah menyebabkan penurunan waktu yang dihabiskan di platform media sosial tradisional seperti Facebook dan Instagram. TikTok telah menjadi tujuan utama untuk hiburan, berita, dan pendidikan bagi banyak orang.

Di luar ranah budaya populer, TikTok juga berdampak sosial dan budaya yang mendalam. Platform ini telah menjadi ruang untuk aktivisme, advokasi, dan kesadaran akan masalah sosial. Para pengguna menggunakan TikTok untuk berbagi cerita pribadi, menggalang dukungan untuk gerakan sosial, dan menantang norma dan stereotip.

TikTok adalah fenomena budaya yang telah mengubah paradigma tren budaya populer, pengaruh mode, peran pembuat konten, konsumsi media, dan dampak sosial. Platform ini telah merevitalisasi tren yang telah lama terlupakan, memberdayakan pembuat konten baru, dan membentuk kembali cara kita mengonsumsi dan berinteraksi dengan budaya. Ketika TikTok terus berkembang, kita dapat mengharapkannya untuk terus memainkan peran penting dalam membentuk lanskap media dan budaya di tahun-tahun mendatang.

*Penulis: Kuntum Khaira (Mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas)

Tag:

Baca Juga

Mengabdi di Padang, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Program Relawan Bakti BUMN Batch V
Mengabdi di Padang, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Program Relawan Bakti BUMN Batch V
Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Bupati menanggapi ada 292 anggota jaringan terorisme NII di Tanah Datar.
Prebunking: Imbauan Bupati Tanah Datar, Tenang dan Cari Informasi Benar Pasca Erupsi Marapi
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Sebanyak 1.255 paket sembako dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang disalurkan dari posko utama ke posko siaga yang berada di empat
1.255 Paket Sembako dari Gebu Minang Disalurkan ke Posko Siaga di Padang Panjang
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meninjau progres pekerjaan di kawasan Lembah Anai pada Kamis (23/5/2024).
Pengerjaan Jalan di Lembah Anai Ditargetkan Tuntas dan Bisa Dilewati 21 Juli 2024