Real Count Sementara DPR RI Dapil Sumbar 1: Andre Rosiade Teratas, Disusul Athari Ghauthi Ardi

Calon legislatif (caleg) dari Partai Gerindra, untuk sementara berada di posisi teratas peroleh suara terbanyak untuk DPR RI Dapil Sumbar 1.

Andre Rosiade untuk sementara berada di posisi teratas perolehan suara terbanyak untuk DPR RI Dapil Sumbar 1. [foto: ist]

Langgam.id - Calon legislatif (caleg) dari Partai Gerindra, untuk sementara berada di posisi teratas perolehan suara terbanyak untuk DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 1.

Diketahui, Dapil Sumbar I meliputi Kota Solok, Padang, Padang Panjang dan Sawahlunto. Kemudian, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Tanah Datar, Sijunjung, Dharmasraya dan Mentawai.

Pada Pemilu 2024 ini, jumlah kursi DPR RI di Dapil Sumbar 1 ini sama dengan pemilihan legislatif (Pileg) sebelumnya yaitu delapan kursi.

Dilansir dari laman pemilu2024.kpu.go.id pada Jumat (16/2/2023) dan update pukul 17.30 WIB, bahwa suara untuk DPR RI Dapil Sumbar 1 yang sudah masuk 41,59 persen. Yaitu 4.147 dari 9.970 TPS.

Berdasarkan data di website tersebut, Andre Rosiade yang merupakan petahana, mempoleh 32.004. Kemudian di posisi kedua peraih suara terbanyak DPR RI Dapil Sumbar 1, masih petahana dari PAN, Athari Ghauthi Ardi dengan 27.902 suara.

Di peringkat ketiga yaitu caleg dari Partai NasDem yang juga petahana, Lisda Hendrajoni yaitu dengan 23.046 suara.

Caleg dari Partai Golkar yaitu Zigo Rolanda berada di posisi keempat dengan 19.283 suara. Di posisi kelima ada caleg dari PKS yang sebelumnya anggota DPRD Sumbar, Rahmat Saleh dengan 18.531 suara.

Selanjutnya, di peringkat keenam ada Alex Indra Lukman dari PDI Perjuangan dengan 16.950 suara. Di posisi ketujuh yaitu caleg Partai NasDem, Irwan Afriadi yang memperoleh 13.698 suara.

Di posisi kedelapan peraih suara terbanyak sementara, yaitu petahanan dari Partai Golkar, Darul Siska yang memperoleh 13.531 suara.

Sementara petahanan lainnya, yaitu Suir Syam baru memperoleh 8.836 suara, Darizal Basir 6.572 suara dan Hermanto 9.987 suara. (*/yki)

Baca Juga

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra H Andre Rosiade sangat bersyukur dengan telah ditetapkannya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Andre Rosiade Puji Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania Salurkan Bantuan Kemanusiaan Indonesia ke Gaza via Udara
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade kembali menyalurkan ribuan paket sembako untuk korban terdampak banjir di Pesisir Selatan (Pessel).
Jelang Lebaran, Andre Rosiade Kembali Salurkan Ribuan Paket Sembako Bagi Korban Banjir Pessel
Sebanyak 150 bus Pulang Basamo untuk gelombang kedua resmi dilepas, Kamis (4/4/2024). Ratusan bus mudik bareng yang digagas Presiden
150 Bus Pulang Basamo Dilepas, Angkut 8 Ribu Perantau Minang di Jakarta Pulkam ke Sumbar
Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade mengatakan, Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto sangat peduli terhadap warga Sumbar.
Andre Rosiade Ingatkan Warga Sumbar untuk Tidak Mudah Terprovokasi Politik Identitas
Perantau Minang Pulang Basamo Sudah Sentuh Tanah Minang
Perantau Minang Pulang Basamo Sudah Sentuh Tanah Minang