Ratusan Warga Mentawai Mengungsi di Perbukitan Usai Guncangan Gempa

Ratusan Warga Mentawai Mengungsi di Perbukitan Usai Guncangan Gempa

Pusat gempa magnitudo 6,4 di Mentawai. [Foto: BMKG Padang]

Langgam.id - Sekitar 500 warga di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai masih bertahan di dataran tinggi untuk mengungsi. Mereka tersebar di tiga lokasi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai Novriadi mengatakan, pihaknya juga telah mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum di lokasi warga mengungsi.

"Warga masih bertahan. Ada sekitar 500 jiwa di tiga titik lokasi itu," kata Novriadi saat dihubungi Langgam.id, Senin (29/8/2022).

Novriadi menyebutkan, ratusan warga mengungsi ini bertahan di perbukitan sejak gempa kedua terjadi sekitar pukul 05.34 WIB bermagnitudo 5,2. "Sejak gempa kedua atau pagi tadi, para warga mengungsi," katanya.

Gempa di Mentawai diketahui terjadi sebanyak tiga kali. Gempa pertama pada pukul 00.04 WIB dan disusul pukul 05.34 WIB.

Baca Juga: Gempa M 6,4 di Mentawai: Sekolah hingga Tempat Ibadah Rusak

Terakhir, gempa kembali mengguncang dengan magnitudo 6,4. BMKG merilis gempa berpusat 0.99 Lintang Selatan (LS) dan 98.53 Bujur Timur (BT) atau tepatnya 161 kilometer Barat Laut Mentawai.

Ikuti berita Mentawai – berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Kapal MV Mentawai Fast kini hadir untuk moda transportasi antar pulau di Kabupaten Kepualauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar).
Kapal Cepat Mentawai Fast Kembali Beroperasi
Sebanyak 53 kali gempa bumi terjadi di Sumbar selama November 2023. Frekuensi gempa bumi terbesar terjadi pada 12 November sebanyak 6 kali.
Gempa M5,2 Guncang Kepulauan Mentawai
Sebanyak 39 kali gempa terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama periode 22-28 Maret 2024. Selama periode ini
Gempa M5,8 Guncang Mentawai, Tak Berpotensi Tsunami
Ahli Geologi Sumatra Barat (Sumbar), Ade Edward meminta masyarakat untuk selalu memantau perkembangan dari gempa terkait dengan evakuasi
Evakuasi Jika Terjadi Gempa, Ade: Cari Shelter Terdekat dan Daerah Ketinggian di Atas 6 Meter
Ahli Geologi Sumatra Barat (Sumbar) Ade Edward menyebut gempa yang melanda Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar) yang terjadi pada pukul
Kata Ahli Geologi Soal Gempa M 6,9 Mentawai: Sudah Diperkirakan Terjadi Sebelumnya
Sebanyak 39 kali gempa terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama periode 22-28 Maret 2024. Selama periode ini
Usai Gempa Mentawai, Warga Siberut Utara Masih Bertahan di Pengungsian