Ratusan Guru se-Kota Payakumbuh Dilatih Implementasi Kurikulum Merdeka

Sebanyak 204 orang guru SD dan Kepala Sekolah Penggerak se-Kota Payakumbuh dilatih Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Ratusan guru SD dan Kepala Sekolah Penggerak se-Kota Payakumbuh dilatih Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id – Sebanyak 204 orang guru SD dan Kepala Sekolah Penggerak se-Kota Payakumbuh dilatih Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan ini bertempat di Aula Ngalau Indah Lantai III Kantor Wali Kota Payakumbuh, Kamis (23/2/2023).

Asisten III Pemko Payakumbuh Ifon Satria Chan mengatakan pelatihan implementasi kurikulum merdeka dilakukan agar para guru benar-benar siap mengimplementasikan kurikulum tersebut saat proses belajar-mengajar.

"Saat ini pemerintah sedang menggalakkan pelaksanaan atau penerapan merdeka belajar maupun kurikulum merdeka khususnya pada jenjang pendidikan dasar. Dengan adanya penerapan kurikulum ini, kita berharap agar guru dapat mendesain pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik peserta didik yang mana peserta didik dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing," ujar Ifon.

Ia menambahkan, Pemko Payakumbuh terus melakukan berbagai upaya dalam menyediakan akses terhadap layanan pendidikan yang berkualitas dengan mendukung penuh penerapan IKM.

"Kami Pemerintah Kota Payakumbuh akan terus melakukan berbagai upaya dalam menyediakan akses terhadap layanan pendidikan yang berkualitas dengan mendukung penuh penerapan IKM secara masif agar anak-anak kita nantinya dapat tumbuh serta hidup sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia agar kedepan akan lahir generasi emas daerah sebagai investasi penting di masa depan," bebernya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril mengatakan, guru-guru yang menjalani pelatihan IKM adalah para guru kelas I-IV yang berasal dari SD/MI Se Kota Payakumbuh yang menjadi sasaran program Semua Anak CERDAS (cakap literasi dasar) dan sudah melakukan registrasi implementasi Kurikulum Merdeka.

Dia juga mengatakan bahwa pelatihan IKM bagi para guru yang dilaksanakan tersebut adalah pelatihan tahap ketiga yang merupakan lanjutan kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Untuk tahap pertama, pelatihan yang dilakukan lebih pada pengenalan konsep Kurikulum Merdeka. Tahap kedua adalah bedah buku untuk kurikulum merdeka belajar dan tahap ketiga ini pelatihannya tentang bagaimana pengimplementasian Kurikulum Merdeka di masing-masing sekolah maupun madrasah," beber Dasril.

Ia mengungkapkan, adapun materi pelatihan tersebut dibagi menjadi beberapa unit. Di mana, unit satu yakni pelatihan tentang pengembangan Capaian Pembelajaran (CP) ke Tujuan Pembelajaran (TP) yang disusun oleh para guru.

"Sehingga dalam pelatihan ini paling penting di dalam pengimplementasian IKM karena harus mempersiapkan modul ajar yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa dalam satu kelas, baik dalam kemampuan membaca dan menulisnya," terangnya.

Baca Juga

Pemko Payakumbuh melepas keberangkatan 204 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter X asal Kota Payakumbuh menuju Embarkasi Padang
204 JCH Kota Payakumbuh Bertolak Menuju Embarkasi Padang
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Akan Gelar Salat Idul Adha di Halaman Balai Kota
Tujuh fraksi DPRD Kota Payakumbuh menyetujui Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2023
DPRD Setujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Payakumbuh 2023 Jadi Perda
Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Ketua KPU Payakumbuh, Wizri Yasir melantik secara resmi 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Payakumbuh. Pelantikan itu
25 Anggota PPK Payakumbuh Resmi Dilantik, Pemko: Tetap Junjung Tinggi Netralitas
Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melepas secara resmi 228 jemaah calon haji (JCH) asal Payakumbuh ke Tanah Suci di Aula Ngalau Balai Kota.
Pemko Payakumbuh Lepas Keberangkatan 228 Jemaah Calon Haji