Puluhan Pelari Asing Ambil Bagian dalam BRI Mandeh Run 2019

Puluhan Pelari Asing Ambil Bagian dalam BRI Mandeh Run 2019

Jumpa pers Mandeh Run. (Foto: Panitia)

Langgam.id - Sebanyak 800 peserta sudah mendaftar akan ikut dalam BRI Mandeh Run 2019 yang akan digelar pada 3 Maret 2019 nanti. Jumlah tersebut diperkirakan masih terus akan bertambah.

"Sebanyak 78 di antaranya merupakan peserta dari luar negeri, antara laIn dari Kenya, Nigeria, Inggris, Prancis, Malaysia, Singapura, Brunei," kata Race Director BRI Mandeh Run 2019 Imam Al Akbari dalam jumpa pers BRI Mandeh Run 2019 di Padang, Sumatra Barat (5/2/2019).

Menurutnya, jumlah peserta diperkirakan terus bertambah, karena persiapan BRI Mandeh Run 2019 masih ada sekitar 1,5 bulan lagi.

"Bagi masyarakat yang ingin ambil bagian pada kegiatan tersebut, nantinya bisa registrasi langsung di BRI wilayah Padang dan BRI wilayah Painan,” katanya.

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelontorkan uang sekitar Rp3 miliar untuk penyelenggaraan iven internasional tersebut.

Komisaris Utama BRI, Andrinof A Chaniago mengatakan, hal ini bentuk komitmen BRI mendorong kawasan Mandeh semakin dikenal luas sebagai destinasi pilihan.

BRI menjadi sponsor tunggal iven ini. Sebagai penggagas iven ini, Andrinof berharap, Mandeh Run bisa digelar rutin tiap tahun.

Lebih dari sekedar ajang olah raga, Andrinof mengatakan, BRI Mandeh Run 2019 menjadi ajang mengenalkan keindahan dan keelokan kawasan bahari Mandeh.

Apalagi, sambung Andrinof, aspal mulus yang selesai dikerjakan (jalan Bungus Padang - Mandeh, sekitar 41 km) menjadikan spot ini tiada duanya di Indonesia.

"Saya tidak banyak menemukan di dalam negeri aspal mulus dengam lokasi indah. Infrastruktur menuju kawasan Mandeh baru selesai dikerjakan. Jalan berliku melewati gugusan perbukitan disertai pemandangan ke arah laut, akan jadi warna lain dalam lomba lari internasional ini," tandasnya.

Lebih lanjut, Imam mengatakan, untuk kategori lari, BRI Mandeh Run 2019 terbagi tiga, yaitu 5K, 10K dan 21K. Sedangkan kategori 21K, juga terbagi menjadi dua, yaitu Nasional dan International.

Sedangkan untuk usia peserta, minimal usia 9 tahun untuk 5K, usia minimal 13 tahun untuk 10K, usia minimal 17 tahun untuk 21K Nasional dan International.

Bagi peserta yang mendaftar, nantinya akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp100 ribu untuk 5K, Rp175 ribu untuk 10K, Rp300 ribu untuk 21K Nasional dan Rp350 ribu untuk 21 K International.

“Setiap peserta nantinya juga akan diberikan jersey lari. Para pelari nantinya akan memperebutkan hadiah hingga Rp400 juta,” terangnya.

Dia juga memastikan, BRI Mandeh Run 2019 mengambil start dan finis di Nagari Sungai Nyalo.

Sementara itu, Sekdakab Pessel, Erizon mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan siap mendukung BRI Mandeh Run 2019. "Kami siapkan sesuai kemampuan kami seperti air minum di beberapa titik, tenda kemah," jelasnya. (SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Desa Wisata Muntei Mentawai Juara Satu ADWI 2023
Desa Wisata Muntei Mentawai Juara Satu ADWI 2023
Sebanyak 120 pemotor dari berbagai penjuru nusantara mengikuti Touring Merdeka Big Max Indonesia bertajuk Explore Sumatra pada Jumat
Ratusan Pemotor dari Berbagai Penjuru Nusantara Jelajahi Wisata Sumbar
Bagi anda yang ingin berlibur di Sumatra Barat (Sumbar) pada Agustus 2023 nanti, ada banyak beragam iven pariwisata yang digelar pada
Berlibur di Sumbar, Ini Event Wisata yang Bisa Disaksikan di Agustus 2023
Pariwisata di Sumatra Barat
Punya 40 Destinasi Favorit, 11 Daerah di Sumbar Ini Sering Macet Saat Lebaran
Nyarai Masuk 75 Desa Wisata Terbaik, Sandiaga Dijadwalkan Berkunjung Pekan Ini
Nyarai Masuk 75 Desa Wisata Terbaik, Sandiaga Dijadwalkan Berkunjung Pekan Ini
Ratusan Orang Teken Petisi Online Tolak Tiru Gaya Luar Negeri di Lembah Harau
Ratusan Orang Teken Petisi Online Tolak Tiru Gaya Luar Negeri di Lembah Harau