Pulihkan Akses yang Terputus, 7 Jembatan Bailey Akan Dibangun di Tanah Datar

TNI akan menyediakan jembatan bailey di tujuh titik di Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya jembatan ini nantinya, diharapkan bisa

Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi. [foto: Kominfo Tanah Datar]

Langgam.id - TNI akan menyediakan jembatan bailey di tujuh titik di Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya jembatan ini nantinya, diharapkan bisa memulihkan akses yang terputus akibat banjir bandang yang melanda Tanah Datar beberapa waktu lalu.

Jembatan bailey sendiri merupakan jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi yang mudah dipindah-pindah (movable) dan umumnya digunakan sebagai jembatan darurat bersifat sementara.

“Dari wilayah Dandim 0307 Tanah Datar, kita akan menurunkan tujuh titik (lokasi jembatan bailey), sementara ini yang sudah dalam perjalanan dalam pergerakan untuk tujuh titik sungai yang terputus, (akibat galodo). Kemungkinan akan ada tambahan lagi yaitu untuk daerah Padang Panjang satu titik,” ujar Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi.

Agus menjelaskan, bahwa jembatan bailey ini akan disesuaikan dengan tonase kendaraan yang melewatinya.

"Setidaknya untuk kendaraan roda 4 dan kendaraan kecil itu bisa, tapi yang lebih besar akan dibatasi," ucap Agus dilansir dari laman Facebook Kominfo Tanah Datar, Jumat (17/5/2024).

Ia mengungkapkan, meski hari terakhir bagi tim SAR dalam pencarian, upaya pencarian akan tetap dilaksanakan sementara sampai masa tanggap darurat berakhir.

"Namun, apabila keluarga yang anggotanya hilang masih ingin terus mencari kami akan terus mencari sampai keluarga benar-benar mengikhlaskan kepergian keluarganya yang hilang,” bebernya.

“Pencarian akan perluas dan kita perjauh area pencariannya. Sampai dengan insya Allah 13 orang yang dinyatakan hilang ini bisa ditemukan semua,” kata Agus. (*/yki)

Baca Juga

511,52 Hektar Lahan Pertanian Terdampak Galodo, Bupati Eka Putra Ajukan Reklamasi Lahan ke Kementan RI
511,52 Hektar Lahan Pertanian Terdampak Galodo, Bupati Eka Putra Ajukan Reklamasi Lahan ke Kementan RI
Sebulan Pasca Galodo, Bupati Tanah Datar Ajukan 22 Usulan ke BNPB
Sebulan Pasca Galodo, Bupati Tanah Datar Ajukan 22 Usulan ke BNPB
BNPB menurunkan tim survei pemasangan EWS Gunung Marapi di Batang Lona pada masa transisi darurat ke pemulihan pasca banjir bandang
Bakal Pasang EWS, BNPB Turunkan Tim Survei ke Batang Lona Tanah Datar
IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
Bupati Tanah Datar, Eka Putra meninjau kondisi sabo dam yang berada di Nagari Pasir Laweh, Senin (27/5/2024). Peninjauan itu dilakukan guna memastikan kondisi sabo dam
Tanggap Darurat Selesai, Bupati Tanah Datar: 1 Tahun Ini Kita Kerja Keras Masa Transisi
Sebanyak tujuh ruas jalan di Sumbar terdampak bencana alam banjir bandang dan tanah longsor pada 11 Mei lalu. Tidak itu saja, terdapat 46
BPJN: 7 Ruas Jalan di Sumbar Terdampak Banjir Bandang dan Longsor, Ini Rinciannya