PT Semen Padang Ajak Kota Pariaman Nabuang Sarok

Langgam.id - PT Semen Padang mengajak Kota Pariaman untuk ikut serta mengelola sampah melalui program Nabuang Sarok (sampah).

Perwakilan PT Semen Padang berkunjung ke Kota Pariaman. [Foto: Dok. Pemko Pariaman]

Langgam.id - PT Semen Padang mengajak Kota Pariaman untuk ikut serta mengelola sampah melalui program Nabuang Sarok (sampah). Hal itu disampaikan saat audiensi yang digelar hari ini, Selasa (4/10/2022).

Direktur Utama PT Semen Padang, Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa menyebutkan, bahwa Semen Padang berkomitmen membangun daerah melalui program Nabuang Sarok.

“Nabuang Sarok tersebut berupa sumber pengelolaan sampah, sampah yang dikumpulkan dan dimusnahkan menggunakan kilen (bagian dari alat proses produksi semen dengan temperatur melebihi panas mesin generator)," ujar Asri, Selasa (4/10/2022).

Dijelaskan Asri, PT Semen Padang juga ingin bersinergi dan berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah, khususnya di Sumatra Barat.

Selain itu, kata Asri, PT Semen Padang bersinergi tidak hanya untuk percepatan pembangunan daerah, namun dalam hal pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan sosial budaya di Sumatera Barat.

“Kita juga menggerakan penanaman pohon kaliandra, dimana pohon kaliandra ini menjadi energi baru dan pengganti alternatif batu bara serta stok karbon. Untuk penanaman pohon Kaliandra ini sudah bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera barat dan hampir semua kabupaten di Sumbar," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Pariman, Genius Umar menyambut baik dan setuju program yang disampaikan PT Semen Padang untuk Kota Pariaman.

“Karena Kota Pariaman merupakan daerah kunjungan pariwisata di Indonesia yang banyak memproduksi sampah," ujar Genius.

Genius juga menyebutkan, bahwa Kota Pariaman sudah mendapat bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupa satu unit Pusat Daur Ulang (PUD) sampah.

Baca juga: Cerita Genius Umar, Wali Kota Pariaman yang Giat Bangun Jalan

PUD sampah itu, lanjut Genius, digunakan untuk mengolah sampah agar menjadi nilai ekonomi, seperti biji plastik, kompos dan lainnya. “Kalau PT. Semen Padang ingin memberikan bantuan melalui programnya tersebut, tentu kita setuju dan langsung eksen dilakukan di Kota Pariaman," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Baca Juga

Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Salat Id di Semen Padang, Dirut: Sambut Kemenangan dengan Tingkatkan Iman dan Taqwa
Salat Id di Semen Padang, Dirut: Sambut Kemenangan dengan Tingkatkan Iman dan Taqwa
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor: 660/01/SE/DLH-2024 tentang Pengendalian Sampah Hari Raya Idul.
Tangani Sampah Selama Libur Lebaran, Pemprov Kembali Aktifkan TPA Regional Payakumbuh
Sebanyak 722 unit bus disiapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk program mudik
Semen Padang Sediakan 3 Bus, Mudik Gratis dari Dumai ke Padang
Sambut HUT Kementerian BUMN, Semen Padang Gelar Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM
Sambut HUT Kementerian BUMN, Semen Padang Gelar Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM
Semangat Ramadan, Karyawan Semen Padang Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim
Semangat Ramadan, Karyawan Semen Padang Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim