PSU DPD RI Sumbar Digelar Serentak pada 13 Juli

Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.

Ilustrasi - Salah seorang pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara. (Foto: CU)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang mengumumkan bahwa Pemungutan Suara Ulang (PSU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat akan digelar serentak pada Sabtu, 13 Juli 2024.

Pelaksanaan PSU ini merupakan tindak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 03-03/PHPU.DPD-XXII/2024. Hal ini disampaikan oleh Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Padang Panjang, Gunawan, saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan PSU di ruang rapat KPU Padang Panjang, Kamis (20/6/2024).

Gunawan menjelaskan bahwa penyelenggaraan PSU akan berlangsung dalam jangka waktu 45 hari setelah pembacaan putusan MK pada 10 Juni lalu. "Dengan keluarnya putusan MK tersebut, seluruh hasil pemilu anggota DPD Sumbar lalu dibatalkan dan akan dilaksanakan PSU. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang untuk menghadapi PSU ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Gunawan menambahkan bahwa karena tidak ada kampanye dalam tahapan PSU, KPU akan memasifkan sosialisasi untuk menjaga tingkat partisipasi masyarakat. Adapun tahapan PSU yang akan dilaksanakan meliputi penetapan, pengumuman, dan perubahan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 21-22 Juni, pembentukan dan pelantikan badan Ad Hoc pada 23 Juni-2 Juli, sosialisasi pelaksanaan PSU kepada stakeholder, masyarakat, dan unsur terkait pada 18 Juni-12 Juli, serta pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara pada 23 Juni-12 Juli.

"Pada 13-14 Juli kita akan memasuki tahapan penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan. Sedangkan untuk perhitungan tingkat kota akan dilaksanakan pada 17 Juli, hanya satu hari karena hanya mencakup dua kecamatan," jelas Gunawan, dicuplik dari Kominfo Padang Panjang, Jumat (21/6/2024).

Ia berharap semua tahapan ini dapat berjalan lancar sehingga pelaksanaan PSU di Padang Panjang sukses dan sesuai rencana. (*/Yh)

Baca Juga

ini-sepuluh-iven-berkelas-yang-digelar-taman-budaya-sumbar-sepanjang-tahun-2022
Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar, Pengamat Politik: Kabar Gembira 
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
Pj Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra melepas pendistribusian logistik Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD Kantor KPU Padang Panjang
KPU Padang Panjang Distribusikan Logistik PSU DPD RI ke 196 TPS
Pinang Maigus Nasir Jadi Bakal Calon Wakil Wali Kota Padang, Fadly Amran: Tokoh Agama yang Disegani
Pinang Maigus Nasir Jadi Bakal Calon Wakil Wali Kota Padang, Fadly Amran: Tokoh Agama yang Disegani
Pengurus Nasdem Ungkap Alasan Fadly Amran Pilih Maigus Nasir Jadi Bakal Calon Wakil Wali Kota Padang
Pengurus Nasdem Ungkap Alasan Fadly Amran Pilih Maigus Nasir Jadi Bakal Calon Wakil Wali Kota Padang
Partai Nasdem Usung Fadly Amran dan Maigus Nasir di Pilkada Padang
Partai Nasdem Usung Fadly Amran dan Maigus Nasir di Pilkada Padang