Psikolog Atlet Beri Motivasi pada Pemain Semen Padang

Psikolog Atlet Beri Motivasi pada Pemain Semen Padang

Semen Padang FC latihan terakhir jelang bulan suci Ramadan 1440 Hijriah di Lapangan Mess Padang, Jumat (3/5). (Hery)

Langgam.id- Semen Padang FC menghadirkan psikolog untuk membantu membangun semangat pemain. Kehadiran psikolog diharapkan bisa membantu tim bangkit dari keterpurukan saat ini.

CEO PT Kabau Sirah Semen Padang, Hasfi Rafiq usai latihan di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Jumat, (26/7/2019) mengatakan saat ini sudah memiliki tim yang akan menangani teknik dan strategi dalam bermain.

Sedangkan untuk membantu membangkitkan mental pemain, manajamen perlu juga menghadirkan seorang psikolog. Ia menunjuk Muhammad Syaiful Shiddiq sebagai psikolog.

"Kita melihat dari berbagai aspek, dari teknik ada pelatih. Dari aspek mental kita datangkan psikolog. Kita juga butuh mental juara, bukan cuma teknik juara," katanya.

Ia berharap kehadiran psikolog berdampak signifikan dan positif terhadap tim. Sehingga tim bisa bangkit segera dari keterpurukan saat ini.

Usai latihan, Psikolog tim Semen Padang FC, Syaiful terlihat memberikan arahan kepada pemain. Ia meminta semua pemain tidur sambil menutup mata kemudian memberikan motivasi kepada pemain. Ia juga mengingatkan semua pemain memiliki potensi yang bisa dikeluarkan dengan maksimal.

Usai memberikan arahan, saat diwawancarai ia mengatakan ingin memberikan nuansa baru bagi tim. Ia ingin bagaimana agar bisa memberikan mental juara kepada seluruh pemain.

"Pada prinsipnya bagaimana kita bisa menghilangkan blok mental pada pemain, sehingga bisa tampil dengan maksimal," katanya.

Menurutnya, ilmu psikologi bukan sulap, bukan sihir. Tetapi bisa menghilangkan block mental yang ada pada diri pemain.

"Kita tahu pemain seperti Ronaldo dan Messi memiliki kualitas yang hebat, mereka sudah menghilangkan mental block sehingga keluar potensinya dengan maksimal," katanya.

Syaiful merupakan psikolog atlet asal Bandung, sebelumnya dia juga menjadi psikolog atlet bagi pelatnas voli putri Indonesia.

Pelatih Kepala Semen Padang FC, Weliansyah berharap dengan kehadiran psikolog bisa membangkitkan semangat seluruh pemain.

"Kita senang, enjoy, ini yang terpenting, psikolog punya ahlinya, ada kegairahan bagi pemain terlihat," katanya.

Ia mengatakan semangat yang ada pada pemain diharapkan bisa diaplikasikan dalam pertandingan nanti dengan dibuktikan bisa bermain baik dan meraih kemenangan.

Psikolog tim, Syaiful usai latihan Jumat mengatakan saat ini ia berusaha mengembalikan kepercayaan diri pemain dan mengingatkan bahwa mereka adalah pemain profesional, sehingga setiap pemain harus punya mental pemain profesional.

"Kadang mental block membuat pemain tidak bisa maksimal, pemain itu sudah sehat misalnya usai cedera,Tetapi dia punya mental blok karena sudah punya cedera sehingga sulit bermain baik," katanya.

Ia mencontohkan seseorang yang sebenarnya kuat namun hanya mampu melakukan push up sedikit, setelah dihilangkan mental block ia bisa melakukan lebih banyak dengan keadaan fisik yang sama.

"Pada dasarnya setiap orang punya mental block. Jadi, itu harus dihilangkan, agar memaksimalkan kemampuan," ujarnya.

Menurutnya percuma sehebat apapun pelatih namun pemain punya mental block dan ketakutan karena tidak akan maksimal.

"Ketakutan, akan membuat pemain tidak maksimal. Kita harus bangkitkan bagaimana dia menjiwai sebagai atlet yang profesional, ketika ingin menjadi profesional petanya mereka bisa melihat Ronaldo dan Messi," ujarnya.

Kapten Semen Padang FC, Irsyad Maulana mengatakan kehadiran psikolog memberikan dampak yang positif bagi pemain. Namun ia masih belum merasakan dampak lebih jauh karena psikolog baru didatangkan manajemen.

"Psikolog masih baru, harapannya ke depan kita bisa lebih semangat dan kompak, memang ada perubahan sedikit lebih tenang," katanya.

Senada dengan Irsyad, Kiper Semen Padang FC, Teja Paku Alam mengatakan kehadiran psikolog sudah mulai terasa.

"Alhamdulillah kita semua merasa lebih semangat, dan memiliki motivasi yang lebih bagus," katanya.

Menurutnya walaupun ada psikolog ia juga selalu berusaha memotivasi dirinya sendiri agar bisa bermain fokus dan konsistens, sehingga bisa menghadapi pertandingan.

"Yang penting kita semangat dan bisa memenangkan pertandingan," ujarnya. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Semen Padang FC akan menghadapi Malut United FC pada babak semifinal Liga 2 2023/2024. Hal ini berdasarkan hasil drawing yang digelar pada
Semen Padang FC Ketemu Malut United FC di Semifinal Liga 2, Leg 1 Digelar 25 Februari
Semen Padang berhasil mengalahkan tuan rumah PSMS Medan di Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut),
Sukses Kalahkan PSMS Medan, Semen Padang FC Terima Bonus Rp120 Juta dari Andre Rosiade
Kabau Sirah Melaju ke 12 Besar, Andre Rosiade Gelontorkan Bonus Rp.100 Juta
Kabau Sirah Melaju ke 12 Besar, Andre Rosiade Gelontorkan Bonus Rp.100 Juta
Selebrasi pemain Semen Padang FC Arsyad Yusgiantoro
Taklukkan Sriwijaya 3-0, Semen Padang FC Pastikan Tiket 12 Besar Liga 2 2023
Kabau Sirah dan Askar Bertuah Saling Berbagi Angka
Kabau Sirah dan Askar Bertuah Saling Berbagi Angka
Mengenal Afdal Yusra, Legenda SPFC yang Berkarir di Semen Padang
Mengenal Afdal Yusra, Legenda SPFC yang Berkarir di Semen Padang