PSBB Berakhir, Wali Kota Payakumbuh: Bukan Berarti Corona Sudah Hilang

BLT Payakumbuh

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (Foto: Pemko Payakumbuh/payakumbuhkota.go.id)

Langgam.id - Wali Kota Riza Falepi mengingatkan warga Payakumbuh untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan selama 3 tahap telah berakhir, bukan berarti Virus Corona menghilang begitu saja.

Demikian dikatakan Riza Falepi, di Balaikota Payakumbuh, Kamis (11/6/2020). Kebijakan Tatanan Baru Normal Produktif Aman Covid-19 (TBNPAC) yang saat ini dijalankan pemerintah, menurutnya, tetap menghindari penambahan kasus.

"Perlu kita ingat kalau Virus Corona ini masih ada, tak hilang begitu saja," katanya sebagaimana dirilis situs resmi Pemko Payakumbuh, Jumat (12/6/2020).

Menurutnya, TBNPAC atau kenormalan baru bila tak hati-hati bisa berisiko peningkatan kasus positif, PDP positif, terbentuknya klaster baru dan peningkatan kematian akibat Covid-19.

“Yang paling kita takutkan adalah terjadi lonjakan kasus seperti di Pasar Raya Padang, dari data di Sumbar saja saat ini sudah lebih 650 orang yang positif Corona,” tambah Riza.

Apabila terjadi lonjakan kasus, Riza melihat juga bagaimana jumlah tenaga medis di Payakumbuh tidak akan sanggup melayani kalau sampai kasus positif mencapai ratusan.

“Belum lagi men-tracing kontak dengan yang positif ini, petugas kita akan kewalahan. Makanya di tengah new normal, bila protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tidak diberlakukan, maka akan berbahaya. Saling menularkan bisa saja terjadi,” ungkap Riza.

Untuk itu, Wako Riza menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menyongsong new normal dengan patuh mengikuti aturan protokol kesehatan. Salah satunya dengan selalu memakai masker ke luar rumah dan selalu menjaga jarak serta menghindari kerumunan orang.

“Bila aturan ini sudah diikuti seluruh pihak, maka insya Allah penularan Corona bisa kita atasi. Itulah bagian dari ikhtiar kita sembari kita berdoa diselamatkan oleh Allah Ta’ala dari bahaya Virus Corona,” ujarnya. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Penjabat Sekretaris Daerah Dafrul Pasi menjadi pembina apel pagi di halaman kantor Wali Kota Payakumbuh, Senin (29/5/2023).
Wako Payakumbuh Tunjuk Hidayatur Rusyda Jadi Plt Asisten I
Bimtek Creative Learning: Langkah Wujudkan Payakumbuh Kota Pendidikan Berbasis Digital
Bimtek Creative Learning: Langkah Wujudkan Payakumbuh Kota Pendidikan Berbasis Digital
Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Payakumbuh mengakibatkan sebuah pohon manggis yang berumur 80 tahun tumbang.
Hujan Disertai Angin Kencang Landa Payakumbuh, 3 Pohon Tumbang
Irwasda Polda Sumbar, Kombes Pol Arif Rahman Hakim beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kota Payakumbuh pada Senin (22/5/2023).
Irwasum Mabes Polri Akan Canangkan Payakumbuh Sebagai Kota Bebas Pungli
Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menghadiri serah terima ruang kelas baru, kantin dan rumah penjaga sekolah di SMP Negeri 2 Payakumbuh,
Wako Rida Resmikan Ruang Kelas Baru SMP 2 Payakumbuh
Kabid Koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Ade Vianora mengatakan, ada 55 koperasi daerah tersebut yang sudah RAT 2022.
55 Koperasi di Payakumbuh Sudah Gelar RAT TB 2022