Progres Pasar Raya Fase VII 78 Persen, Pemko Padang Targetkan Rampung Juli 2024

Progres Pasar Raya Fase VII 78 Persen, Pemko Padang Targetkan Rampung Juli 2024

Gedung Pasar Raya Fase VII. (Foto: Prokopim Padang)

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang menargetkan pembangunan gedung Pasar Raya Fase VII bisa rampung pada Juli 2024 ini, pasca groundbreaking pada 9 September 2023 lalu. Saat ini progres pembangunan fisik gedung baru Fase VII Pasar Raya Padang sudah mencapai 78 persen.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan pembangunan gedung Pasar Raya Fase VII yang sempat rusak parah akibat gempa tahun 2009 silam itu terus dikebut.

“Alhamdulillah, progres pembangunan Pasar Raya Fase VII sudah dikisaran angka 78 persen. Insya Allah, sesuai target semoga dapat selesai dan diresmikan pada Juli 2024 ini," ungkap Hendri Septa, dikutip dari Prokopim Padang, Senin (13/5/2024).

Wako Padang itu mengatakan, pembangunan gedung baru Fase VII merupakan harapan yang sudah cukup lama dinanti-natikan pedagang.

"Pembangunan gedung baru Fase VII ini merupakan aspirasi pedagang Pasar Raya Padang yang ditampung Pemko Padang. Upaya tersebut juga didukung Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade. Berkat perjuangan beliau yang gigih di pusat, akhirnya pasar ini dapat kembali dibangun melalui dukungan APBN," kata Hendri Septa.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang menambahkan, begitu selesai pembangunan Pasar Raya Fase VII, maka seluruh pedagang kaki li­ma (PKL) yang ada di sekitaran pasar raya yang su­dah didata Dinas Perdaga­ngan akan mengisi gedung tersebut.

“PKL yang baru-baru kita tidak mau menerima lagi. Karena kita ingin membuat Pasar Raya Padang yang kondusif, tertib, rapi, nyaman dan terhindar dari kesemrawutan,” tambahnya.

Project Manager PT Adi Persada Gedung (APG), Eko Wahyudi selaku kontraktor pelaksana pembangunan Pasar Raya Fase VII, saat itu membenarkan bahwa progres pengerjaan pembangunan Fase VII sudah di kisaran angka 78 persen.

"Untuk gedung Pasar Raya Fase VII ini terdiri dari 4 lantai dengan bisa menampung sebanyak 304 unit kios, 650 unit lapak disertai areal parkir untuk 120 mobil dan 144 motor," sebut Eko.

Dia pun menyebut bahwa pihaknya menggunakan Semen Padang sebagai 80 persen material pembangunan gedung Fase VII.

"Kita menggunakan Semen Padang. Di samping produk lokal, juga karena memiliki kualitas unggulan di Indonesia bahkan dunia. Semoga bangunan gedung Fase VII ini kokoh," ujarnya.

Hadir mendampingi Wali Kota saat itu Sekda Andree Algamar bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, serta Kadis Perdagangan Syahendri Barkah dan sejumlah pimpinan OPD terkait lainnya. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

[Prebunking] Cek Fakta: Jalan Lembah Anai yang Putus Sudah Bisa Dilewati, Benarkah?
[Prebunking] Cek Fakta: Jalan Lembah Anai yang Putus Sudah Bisa Dilewati, Benarkah?
Peduli Bencana Tanah Datar, BM 3 Sumut Salurkan Bantuan dan Santunan
Peduli Bencana Tanah Datar, BM 3 Sumut Salurkan Bantuan dan Santunan
Ketua PPIH Embarkasi Padang, Mahyudin melakukan monitoring layanan di bidang konsumsi pada Jumat (24/5/2024).
Pastikan Layanan Ibadah Haji Lancar, Ketua PPIH Embarkasi Padang Lakukan Monitoring
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Koalisasi Masyarakat Pers Sumatra Barat (Sumbar) menolak revisi Undang-Undang Penyiaran (UU Penyiaran). Koalisi ini terdiri dari AJI
Berpotensi Hambat Kebebasan Pers, Koalisi Masyarakat Pers Sumbar Tolak Revisi UU Penyiaran
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar acara pengukuhan lulusan PPG
119 Peserta Ikuti Pengukuhan Lulusan PPG UIN Imam Bonjol Padang