PPIH Embarkasi Padang Berangkatkan 6.592 Jemaah Haji Tahun Ini

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus

Ilustrasi - Jemaah Haji memadati Masjidil Haram. (Foto: Dok. Kemenag RI)

Langgam.id - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang tahun 1445 H atau tahun ini siap memberangkatkan 6.592 Jemaah Haji ke Tanah Suci.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar Mahyudin yang juga sekaligus Ketua PPIH Embarkasi Padang mengatakan sebanyak 6.592 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan itu berasal dari dua provinsi, Sumatra Barat dan Bengkulu.

"Embarkasi Haji Padang akan memberangkatkan 6.592 calon jamaah haji. Rinciannya 4.806 jamaah asal Sumbar, dan 1.702 jamaah asal Bengkulu yang tergabung dalam 17 kloter," kata Mahyudin, dikutip dari Infopublik, Selasa (7/5/2024).

Ia mengatakan musim haji tahun ini motonya masih Haji Ramah Lansia. Oleh sebab itu pihaknya hari ini menyimulasikan one stop service sebagai bentuk pelayanan prima kepada calon jamaah haji tahun 2024.

"Musim haji tahun ini moto kita masih Haji Ramah Lansia makanya jamaah lansia mendapatkan prioritas pelayanan dalam one stop service," ungkapnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan haji, Kemenag Provinsi Sumbar langsung menyimulasikan berbagai tahapan one stop service kepada calon jamaah haji di Embarkasi Haji Kota Padang. Layanan tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan, distribusi gelang identitas jamaah, living cost, paspor, boarding pass, dan visa pada saat kedatangan jamaah haji di gedung aula penerimaan.

Kemudian Mahyudin melanjutkan ketika para calon jamaah tiba dan turun di embarkasi maka petugas langsung mendata dan memberikan pelayanan sampai para tamu Allah tersebut tiba di kamar istirahat.

"Calon jamaah haji lansia kita prioritaskan karena kelompok ini butuh istirahat yang lebih banyak," ujarnya.

Merujuk kepada peraturan yang diterbitkan Kementerian Agama RI, petugas tidak membentuk jalur khusus bagi calon jamaah haji lansia. Sebab, petugas telah menyiapkan tempat khusus kepada calon jamaah kategori prioritas seperti kelompok lansia.

"Secara teknis, persiapan kita sudah 98 persen dan mungkin ada pembenahan-pembenahan lainnya yang harus diperbaiki menjelang hari H," tegasnya.

Untuk pemberangkatan Jemaah Embarkasi Padang ke Tanah Suci lanjut Mahyudin, akan diberangkatkan mulai 12 Mei 2024.

"Jadi kloter pertama itu masuk tanggal 11 ke asrama haji, kemudian berangkat tanggal 12. Dan untuk kloter pertama ini merupakan jemaah dari Kota Padang, kemudian diikuti kloter selanjutnya di hari-hari besoknya," katanya. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meninjau progres pekerjaan di kawasan Lembah Anai pada Kamis (23/5/2024).
Pengerjaan Jalan di Lembah Anai Ditargetkan Tuntas dan Bisa Dilewati 21 Juli 2024
Korban Terakhir di Agam Ditemukan, Total Korban Meninggal Galodo Sumbar Jadi 62 Orang
Korban Terakhir di Agam Ditemukan, Total Korban Meninggal Galodo Sumbar Jadi 62 Orang
Seorang turis asal Prancis berjenis kelamin laki-laki bernama Thuleau Aurore (29 tahun) meninggal usai ditimpa pohon tumbang di kamar
WN Prancis Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang di Padang
Gubernur Sumbar Usulkan Pembangunan Flyover Lembah Anai ke Presiden
Gubernur Sumbar Usulkan Pembangunan Flyover Lembah Anai ke Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua
Jokowi mengatakan, bahwa akibat bencana banjir bandang yang melanda Sumbar beberap waktu lalu, menyebabkan 625 rumah warga mengalami
159 Rumah Rusak Berat Akibat Banjir di Sumbar, Jokowi: Ada 100-an Sudah Setuju untuk Relokasi