Potensi Zakat Rp3,2 Triliun, Gubernur Sumbar Minta Baznas Maksimalkan Pengumpulan

Potensi Zakat Rp3,2 Triliun, Gubernur Sumbar Minta Baznas Maksimalkan Pengumpulan

Ilustrasi zakat fitrah. [foto: pixabay.com]

Langgam.id - Potensi zakat di Sumbar mencapai Rp3,2 triliun tiap tahun. Gubernur Sumbar Mahyeldi menyebut, pengumpulan selama ini belum maksimal sehingga perlu literasi berkelanjutan pada masyarakat.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Daerah dan Pra RKAT Baznas Kabupaten dan Kota se Provinsi Sumbar di Padang, Senin (19/9/2022). Gubernur meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar agar terus meningkatkan literasi masyarakat tentang zakat.

Selama ini, pengumpulan zakat banyak tertuju pada zakat pendapatan dan jasa. Itupun, menurut Gubernur, masih terfokus pada Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Karena itu Baznas harus bisa terus meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk berzakat. Bersinergi dengan pemerintah daerah, baik meningkatkan potensi maupun pendistribusiannya," kata Gubernur.

Gubernur mengapresiasi capaian atau realisasi pengumpulan dan pendistribusian zakat oleh Baznas Sumbar yang telah jauh melebihi target yang ditetapkan

Ketua Baznas Sumbar Buchari mengatakan, saat ini Baznas Sumbar mencatat telah mampu mencapai realisasi zakat melebihi target awal sebesar Rp475,38 miliar, terealisasi sebesar Rp675 miliar lebih.

Salah seorang pimpinan Baznas Pusat, Nur Chamdani juga mengajak pengurus Baznas Sumbar untuk membangun sinergi pusat dan daerah. Sebab, pencapaian Baznas Sumbar tidak terlepas dari sinergi dengan pemda.

Baca Juga: Kompetensi Amil di Organisasi Pengelola Zakat Harus Terus Ditingkatkan

"Meski begitu, ada beberapa kabupaten kota yang masih perlu dipacu realisasinya. Mari bertugas dengan sungguh-sungguh, tugas amil ini tugas mulia bernilai ibadah," kata Nur Chamdani.

Dapatkan update berita Sumatra Barat terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Istri dan anak Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah turut serta menjadi caleg di Pemilu 2024 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Istri-Anak Gubernur Sumbar Diprediksi Gagal Raih Kursi DPR dan DPRD Sumbar
Gubernur Sumbar Cek Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu di Sejumlah TPS
Gubernur Sumbar Cek Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu di Sejumlah TPS
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bakal menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024) di TPS 12 yang lokasinya tidak jauh
Pemilu 2024, Gubernur Sumbar Akan Nyoblos di TPS 12 Jati Baru
Gubernur Sumbar Serahkan 10 Ribu Bibit Ikan Nila Bantu Kemandirian Ponpes Andalusia
Gubernur Sumbar Serahkan 10 Ribu Bibit Ikan Nila Bantu Kemandirian Ponpes Andalusia
Sebanyak 11 kepala daerah mengajukan judicial review terhadap ketentuan Pasal 201 Ayat (7), (8) dan (9) Undang-Undang Pilkada Mahkamah
Gubernur Sumbar dan Wali Kota Bukittinggi Ajukan Judicial Review ke MK, Nilai Desain Keserentakan Pilkada 2024 Bermasalah
Pembekuan KI Sumbar oleh Gubernur Mengibiri Pemenuhan Hak atas Informasi Rakyat
Pembekuan KI Sumbar oleh Gubernur Mengibiri Pemenuhan Hak atas Informasi Rakyat