Potensi Lahan Besar, Menteri KP Dorong Pengembangan Budidaya Udang di Sumbar

Potensi Lahan Besar, Menteri KP Dorong Pengembangan Budidaya Udang di Sumbar

Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. (foto: IG Mahyeldi)

Langgam.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono mendorong pengembangan budidaya udang di Sumbar. Menteri Trenggono melihat masih besarnya potensi lahan yang tersedia.

Hal itu disampaikan Menteri Trenggono saat bertemu dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy di Jakarta.

"Selain itu, pasar udang yang menjanjikan dan didukung teknologi meningkatkan produksi menjadi alasan agar pemda dapat mengembangkan komoditas perikanan tersebut," ujar Trenggono seperti tertulis dalam postingan Instagram @mahyeldisp, Rabu (19/5/2021).

Trenggono mengajak Pemprov Sumbar untuk sama-sama konsisten dan menggenjot produksi udang, terutama jenis vaname seiring target peningkatan ekspor sebesar 250 persen hingga 2024.

"Sumbar sendiri memiliki potensi tambak perikanan air payau seluas 7.700 hektare, namun yang baru dimanfaatkan seluas 150 hektare untuk tambak udang vaname," sebutnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi sangat menyambut baik usulan Menteri Trenggono tersebut. Mahyeldi bahkan mengajak untuk meninjau langsung aktivitas perikanan di Sumbar. Termasuk tambak-tambak yang saat ini berproduksi.

Mahyeldi mengungkapkan, selain udang, pertemuan tersebut juga membahas potensi perikanan lokal diantaranya ikan garing yang memiliki permintaan tinggi dan harga jual yang menggiurkan.

Ia menjelaskan bahwa Menteri Trenggono secara langsung mengajak pemda untuk senantiasa konsisten untuk menjaga kelestarian ikan tersebut.

"Insya Allah, semoga pertemuan ini bisa menguatkan pengembangan budidaya udang dan selanjutnya bisa mensejahterakan masyarakat," harap Mahyeldi. (*/yki)

Baca Juga

Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Karantina Sumbar Lakukan Pengujian Hama Penyakit Ikan, Cegah Penyebaran Virus IHHNV
Karantina Sumbar Lakukan Pengujian Hama Penyakit Ikan, Cegah Penyebaran Virus IHHNV
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Harga cabai di Pasar Raya Padang mengalami kenaikan jelang Ramadan. 
Siapkan Kebijakan Strategis, Gubernur Yakin Harga Pangan Sumbar Terkendali Saat Ramadan
Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem