Polres Tanah Datar Tangkap 4 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di 3 Lokasi

Polres Tanah Datar Tangkap 4 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di 3 Lokasi

BB Sabu. (Foto: Polres Tanah Datar)

Langgam.id - Tim Tarantula Polres Tanah Datar menangkap empat pelaku penyalahgunaan narkoba di tiga tempat berbeda, Sabtu (12/11/2022) sore. Polisi memerlukan waktu dua jam untuk menemukan barang bukti narkoba.

Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto dalam keterangan tertulisnya di situs resmi Polri bersama Kasat Narkoba AKP Desneri mengatakan, dalam kasus itu, petugas mengamankan barang bukti 26 paket sabu seberat sekitar 9,69 gram.
Menurut Kasat Reskrim, keempat pelaku saat ini ditahan di Mapolres Tanah Datar. "Ini merupakan kerja sama Porles Tanah Datar dan masyarakat. Kita melakukan hal ini berawal dari informasi dan keluhan masyarakat,” kata AKP Desneri

Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan pemberantasan narkoba di daerah Tanah Datar ini.

Menurutnya, polisi semula menangkap seorang pemuda berinisial AAP (28 tahun) di rumah orang tuanya di Jorong Sikaladi Nagari Pariangan. Saat penggeledahan itu, tim berhasil menemukan satu paket narkotika yang diduga merupakan sabu dan 1 alat hisap atau bong.

Setelah itu, sekitar pukul 14.00 WIB tim kembali berhasil mengamankan pelaku di pinggir jalan Jorong Tapi Nagari Tabek Kecamatan Pariangan. Pelaku ini berinisial R (29 tahun).

Pelaku berinisial R mengakui bahwa barang yang dibuang tersebut merupakan barang miliknya. Tidak hanya di lokasi, satu paket lainnya juga di temukan di kamar R yang merupakan rumah mertua pelaku. Selain itu ditemukan juga satu alat hisap bong dan satu unit alat timbangan digital.

Tim menemukan satu paket narkotika jenis sabu di TKP yang sebelumnya dibuang oleh pelaku. Selain itu, satu paket lainnya juga ditemukan di kamar Pelaku yang merupakan rumah mertua pelaku. Selain itu tim juga menemukan barang bukti lain berupa satu alat hisap bong dan satu unit alat timbangan digital.

Terakhir, tim kembali berhasil mengamankan dua orang pelaku yaitu VM (41 tahun) dan RS (38 tahun). Pelaku ditemukan di rumah mertua VM pada pukul sekitar 15.00 WIB di daerah Jorong Balai Batu dan Jorong Silabuak. Dua orang pelaku juga merupakan warga di daerah tersebut.

Penangkapan terakhir ini tim menemukan banyak barang bukti yaitu sebanyak 23 paket yang dibungkus ke dalam plastik.

Pelaku berinisial VM ditangkap saat berdiri di dalam mobil bersama rekannya RS. Pada penggeledahan kepada dua pelaku tim menemukan satu paket narkotika jenis sabu yang dibungkus pipet yang dipegang tangan kiri VM.

Selain itu, tim juga menemukan 22 paket lainnya di dalam mobil yang berada di bagasi tersebut.

Keempat pelaku melangar pasal 114 ayat (1) jo Pasal 112 ayat (1) Undang-undang no 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (*/Annisa Fauziyah/SS)

Baca Juga

Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Bupati Eka Putra Lepas 48 Jamaah Umrah Asal Tanah Datar
Bupati Eka Putra Lepas 48 Jamaah Umrah Asal Tanah Datar
Polres Limapuluh Kota melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis daun ganja kering pada Jumat (19/1/2024). Kegiatan ini dilaksanakan
Polres Limapuluh Kota Musnahkan Ganja 10 Kg Hasil Penangkapan Awal 2024
Seribu Kelompok Tani di Tanah Datar Dapat Bantuan Pertanian
Seribu Kelompok Tani di Tanah Datar Dapat Bantuan Pertanian
Komplotan pelaku pencurian motor yang kerap beraksi di kampus UNP berhasil ditangkap Tim Aligator Polsek Padang Utara.
Tak Kapok, Residivis Kasus Narkoba di Payakumbuh Kembali Ditangkap
Satpol PP bersama BNNP Gencarkan Pengawasan Kos-kosan di Padang Jelang Nataru
Satpol PP bersama BNNP Gencarkan Pengawasan Kos-kosan di Padang Jelang Nataru