Polda Sumbar Tidak Razia, Operasi Keselamatan Singgalang 2020 Jadi Aksi Kemanusiaan

angka kecelakaan Sumbar | 1 Calon Periwira Polisi di Sumbar Positif Covid-19

Markas Polda (Mapolda) Sumatra Barat. (Foto: Polda Sumbar/sumbar.polri.go.id)

Langgam.id - Operasi Keselamatan Singgalang 2020 oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat digelar sebagai operasi kemanusian di tengah wabah Covid-19. Polda pada tahun ini tidak menggelar razia dan penindakan.

Demikian disampaikan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto dalam keterangan tertulis bersama Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sumbar AKBP Dian Nugraha di situs resmi Polri, Kamis (9/4/2020).

Sebelumnya, kedua pejabat Polda Sumbar tersebut menggelar konferensi pers secara pada Rabu (8/4/2020) di Mapolda Sumbar.

AKBP Dian Nugraha, pada tahun ini Ditlantas Polda Sumbar tidak melasanakan razia. Karena, semua kegiatan dialihkan untuk memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat, pembagian sarung tangan, masker dan sebagainya.

“Satu lagi, yang penting bagaimana kita menjaga pengawalan sembako untuk masyarakat, itu yang sangat penting. Ditlantas menggunakan Operasi Keselamatan Singgalang 2020 sebagai operasi kemanusiaan,” katanya.

Operasi Keselamatan Singalang 2020 yang saat ini telah berjalan dan dilaksanakan selama 14 hari (6 April 2020 hingga 19 April 2020), targetnya adalah mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif.

“Sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat mengakibatkan penularan virus Covid-19,” ucapnya.

Pada operasi tersebut, menurutnya, personel harus melakukan deteksi dini, lidik, dan pemetaan terhadap lokasi yang rawan terhadap penyebaran virus Covid-19.

“Selain itu, juga melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat terhadap bahaya Covid-19, dengan sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, di media cetak, elektronik dan dan sebagainya,” tuturnya.(*/SS)

Baca Juga

Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal
Oknum Polisi Padang Panjang Diringkus BNN Miliki 141 Paket Ganja, Kapolda Sumbar Komit Tindak Tegas
Oknum Polisi Padang Panjang Diringkus BNN Miliki 141 Paket Ganja, Kapolda Sumbar Komit Tindak Tegas
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Polda Sumbar mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu taat aturan lalu lintas. Hal ini demi mencegah
Ini Imbauan Polda Sumbar Bagi Masyarakat yang Melakukan Perjalanan Arus Balik
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengeluarkan Surat Edaran Nomor 400/1140 /Kesra/XII-2023 tentang Pergantian Tahun Baru Masehi di
Mudik Lebaran Lancar, Polda Sumbar Siagakan Personel di Objek Wisata
Polda Sumbar menekankan pentingnya waspada meninggalkan rumah sebelum mudik, sebagai langkah preventif untuk mencegah tindakan kriminal
Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Ini Langkah Preventif yang Bisa Dilakukan