Polda Sumbar Selidiki Penyebab Kebakaran di Blok A Pasar Raya Padang

Kebakaran hebat melanda kawasan Blok A Pasar Raya Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (7/5) sekitar pukul 13.44 WIB. Kobaran api masih

Kebakaran di Blok A Pasar Raya Padang. [foto: Ist]

Langgam.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat akan menyelidiki penyebab kebakaran yang menyebabkan belasan petak toko di Blok A Pasar Raya, Kota Padang terbakar pada Selasa (7/5/2024) kemarin.

Api baru bisa dipadamkan setelah dilakukan upaya pemadaman oleh tim pemadam kebakaran bersama warga sekitar lima jam.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyampaikan, sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

Kini, Polda Sumbar, imbunnya masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran di Blok A, Pasar Raya Kota Padang

"Kita masih menyelidiki penyebab kebakaran ini, banyak informasi yang akan kita kumpulkan dan selidiki, apa yang menyebabkan kebakaran, kita tidak sekedar asumsi," kata Irjen Pol. Suharyono, dikutip dari Infopubli, Rabu (8/5/2024).

Irjen Pol. Suharyono mengatakan, penyelidikan akan dilakukan dengan profesional sesuai dengan keilmuan, untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Ia menjelaskan, yang terbakar merupakan toko milik perorangan, berupa gudang yang menyimpan barang-barang mainan untuk diperjual belikan di pasar, seperti mainan anak-anak, ada terpal, plastik, dan lainnya.

"Ada beberapa gudang, bukan hanya milik satu orang, tapi mungkin lebih tiga orang. Semuanya ada 14 petak di lima lokasi," ujarnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini, hanya kerugian material yang menurut dugaan awal pemilik toko lebih dari Rp3 miliar.

Meskipun begitu, angka tersebut masih perkiraan awal, karena belum dilihat apa barang-barang di dalamnya masih ada yang tersisa atau terbakar.

"Tapi kita bisa menduga kalau kebakaran lebih tiga jam, situasi dan kondisi seperti ini seluruhnya terbakar," ungkapnya.

Disamping itu, pihaknya juga mengamankan lokasi kebakaran bersama TNI, damkar, Satpol PP dan warga termasuk menjaga barang-barang disekitar lokasi kebakaran. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Inovasi Teknologi Pengolahan Produk Turunan Pala
Inovasi Teknologi Pengolahan Produk Turunan Pala
Fateta Unand Bantu Tingkatkan Ekonomi Petani Koto Malintang dengan Budidaya Aren
Fateta Unand Bantu Tingkatkan Ekonomi Petani Koto Malintang dengan Budidaya Aren
Sebanyak 34 desa wisata Sumbar masuk dalam 500 besar ADWI 2024 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
34 Desa Wisata di Sumbar Masuk 500 Besar ADWI 2024, Apa Saja?
Pemanfaatan Nira Aren Sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan
Pemanfaatan Nira Aren Sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Satpol PP Padang menertibkan sebuah warung makan di Jalan Bypass Km 7, Kecamatan Pauh, pada Selasa (21/5/2024). Penertiban itu dilakukan
Bangunan Menutupi Halte Trans Padang, Sebuah Warung Makan di Bypass Ditertibkan