Polda Sumbar Jaring Ribuan Pelanggar Lalu Lintas saat Operasi Zebra Singgalang 2023

Selama 10 hari pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang 2023, Polda Sumbar mencatat ada ribuan jumlah pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran

Personel Polres Padang Panjang melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas. [foto: Satlantas Polres Padang Panjang]

Langgam.id - Selama 10 hari pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang 2023, Polda Sumbar mencatat ada ribuan jumlah pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran didominasi oleh pengendara roda dua.

“Hingga tanggal 13 September 2023 tercatat ada sebanyak 5.940 jumlah pelanggaran lalu lintas,” ujar Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya dikutip dari situs tribratanews.sumbar.polri.go.id, Jumat (15/9/2023).

Hilman menambahkan, bahwa dari 5.940 pelanggaran tersebut, pihaknya melakukan sistem tilang dan teguran. Untuk tilang manual sebanyak 3.609, sedangkan tilang elektronik (ETLE) sebanyak 348. Serta teguran sebanyak 1.983.

Ia menjelaskan, bahwa pelanggaran lalu lintas pada Operasi Zebra Singgalang 2023 ini didominasi oleh pengguna kendaraan roda dua (sepeda motor).

"Seperti tidak menggunakan helm, berkendara melawan arus lalu lintas, pengendara yang masih di bawah umur,” ucapnya.

Diketahui, Polda Sumbar dan jajaran menggelar Operasi Zebra Singgalang 2023 sejak tanggal 4 hingga 17 September 2023. Dalam Operasi Zebra Singgalang 2023 tersebut ada tujuh pelanggaran yang dijadikan sebagai prioritas untuk ditindak.

Yaitu, menggunakan ponsel saat berkendara, berkendara melawan arus lalu lintas, pengemudi atau pengendara yang masih di bawah umur, dan melebihi batas kecepatan.

Selanjutnya, tidak menggunakan helm SNI serta sabuk pengaman untuk mobil, mengemudi dalam pengaruh alkohol, serta berboncengan lebih dari satu orang atau yang melebihi kapasitas kendaraan. (*/yki)

Baca Juga

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Solok Kota pada Kamis (18/7). Sertijab ini
Jabatan Kapolres Solok Kota Berganti, Kini Dijabat AKBP Abdus Syukur Felani
Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan
Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.
Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kg Ganja Jaringan Penyabungan, 4 Pelaku Ditangkap
Koalisi Advokat Anti Penyiksaan melaporkan kasus dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota kepolisian terkait kematian bocah 13 tahun,
Kematian AM Diduga Disiksa Oknum Polisi, Koalisi Advokat Lapor ke Propam Polda Sumbar
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Polda Sumbar mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pencurian ternak jelang Hari Raya Idul Adha.
Polisi Ingatkan Warga Waspadai Pencurian Ternak Jelang Idul Adha