Pohon Pelindung Tumbang Lagi, Wako Payakumbuh Minta Percepat Peremajaan

Bencana Payakumbuh

Petugas membersihkan jalan raya dari pohon yang tumbang di Payakumbuh. (Foto: payakumbuhkota.go.id)

Langgam.id - Pohon pelindung di pinggir jalan di Kota Payakumbuh kembali tumbang pada Sabtu (23/11/2011) malam. Wali Kota Payakumbuh Reza Falepi meminta peremajaan pohon dipercepat.

Setelah sepekan sebelumnya beringin tumbang, giliran sebatang pohon pelindung di Jalan A. Yani, Ketapiang, Kelurahan Labuh Basilang yang roboh. Pohon ini tumbang setelah diterpa hujan lebat disertai angin kencang, pada Sabtu itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh mengkoordinasikan tim reaksi cepat (TRC) setelah mendapat informasi dari masyarakat. Tim ini segera ke lokasi dan membersihkan batang dan pohon yang merintangi jalan.

Dalam waktu setengah jam, meski bekerja di bawah siraman hujan deras, para petugas BPBD menyelesaikan pembersihan jalan dari potongan pohon dengan gergaji mesin.

Dibantu beberapa warga, pada pukul 23.10 area tersebut sudah kembali bisa dilalui.

Kabid Rehab Rekon BPBD Payakumbuh An Denitral menyebutkan, timnya siap memonitor keadaan disekitar Kota Payakumbuh.

“Beberapa titik sudah kita survey dan kita pantau, tim aksi kita siapkan juga bilamana nanti ada kejadian yang tidak kita inginkan terjadi seperti pohon menimpa rumah warga, karena ini sangat berbahaya dan menyangkut nyawa masyarakat kita,” katanya, sebagaimana dilansir Humas di situs resmi Pemko.

Namun, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyebut, beberapa pohon di kota tersebut perlu diremajakan. Ia menyebut sudah meminta dinas terkait untuk mengerjakannya.

"Saya sudah perintahkan dinas terkait mempercepat proses peremajaan. Selama proses berlangsung, saya imbau warga tingkatkan kewaspadaan, agar dampak bencana bisa diminimalisir,” kata Riza. (*/SS)

Baca Juga

Satpol PP dan Unsur Kebencanaam Pemko Padang Evakuasi Sejumlah Pohon Tumbang
Satpol PP dan Unsur Kebencanaam Pemko Padang Evakuasi Sejumlah Pohon Tumbang
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
ICH Fest 2023: Atasi Perang Klaim, Upaya Persatukan Bangsa Serumpun Kelola Warisan Budaya Takbenda
ICH Fest 2023: Atasi Perang Klaim, Upaya Persatukan Bangsa Serumpun Kelola Warisan Budaya Takbenda
Sebuah rumah di Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumbar, terbakar pada Kamis (21/9/2023)
Kebakaran Landa Rumah Warga di Payakumbuh, Satu Orang Meninggal Dunia
Sebuah rumah di Jorong Muaro Putuih, Nagari Tiku IV Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, ditimpa pohon tumbang pada Senin
Angin Kencang, Satu Rumah Warga di Agam Rusak Ditimpa Pohon Tumbang