PKM UIN Imam Bonjol Padang, 4 Tim Ikuti Lomba Debat Bahasa Arab

Lomba Debat Bahasa Arab (DBA) merupakan salah satu cabang Lomba pada kegiatan PKM Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Lomba Debat Bahasa Arab (DBA) pada kegiatan PKM Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. [foto: UIN Imam Bonjol Padang]

Infolanggam - Lomba Debat Bahasa Arab (DBA) merupakan salah satu cabang Lomba pada kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Lomba ini dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Rektorat Kampus III Sungai Bangek. Mahasiswa yang berpartisipasi sebagai peserta terdiri dari empat tim.

Mereka berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin, serta Fakultas Adab dan Humaniora. Kegiatan tersebut di mulai pada Jumat (3/5/2024) pukul 14.30 WIB.

Dewan juri lomba, Ilya Husna mengungkapkan rasa terima kasih kepada pimpinan karena disediakan wadah untuk mahasiswa yang unggul dan berpotensi.

“Kegiatan ini menjadi wadah untuk mengasah dan mengembangkan bibit-bibit unggul di UIN Imam Bonjol Padang. Ternyata mahasiswa ini sangat berpotensial, saya juga berterima kasih kepada pimpinan yang telah memberikan ruang untuk kreativitas mahasiswa,” bebernya.

Sementara itu Ulil Amri, mahasiswa Fakultas Tarbiyah selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa pihaknya selaku panitia DBA sangat mengapresiasi kepada seluruh peserta lomba DBA.

Dimana dari 7 fakultas hanya ada 4 tim yang ikut berkompetisi. Ia pun yakin bahwa 4 tim ini sudah orang-orang terlatih dan terbiasa berbahasa arab. Hal ini karena dengan waktu persiapan yang singkat para peserta bisa menguasai mosi debat dengan baik tapi.

"Tentu di setiap pertandingan kita menyeleksi yang paling hebat diantara yang hebat-hebat. Alhamdulillah lomba sudah selesai dan sekali lagi kami mengapresiasi kepada seluruh peserta yang telah mengikuti perlombaan ini dengan maksimal," ujarnya.

Ia mengharapkan kedepannya lomba DBA ini lebih banyak lagi pesertanya dan tentu perlu diadakan pelatihannya juga. Hal ini agar para mahasiswa bisa mengasah bakatnya.

"Karena memang sebetulnya kendala mahasiswa itu bukan pada cara berdebatnya, tapi bagaimana supaya bisa ketika debat ini menggunakan Bahasa Arab dengan baik tentunya dan kami selaku panitia mohon maaf atas kekurangan dan lainnya," tuturnya.

Kemudian salah satu peserta juga merasa bangga dan berterima kasih kepada pihak UIN Imam Bonjol Padang karena memberikan mereka kesempatan untuk mengasah kemampuan Berbahasa Arab dalam Cabang Lomba Debat Bahasa Arab.

"Alhamdulillah kami sebagai peserta merasa terfasilitasi dalam kegiatan ini, baik dari segi pelayanan dan dewan juri yang sangat berpengalaman. Saya pribadi merasa bangga dalam kegiatan PKM universitas ini. Karena telah diberikan kesempatan untuk mengasah bakat dan minat yang kami miliki khususnya saya pribadi,” ungkap Peri Haryadi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. (*/yki)

Baca Juga

Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati bersama tim mitigasi bencana universitas, dan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian
UIN Imam Bonjol Padang dan Kemenag RI Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Sumbar
Senat UIN Imam Bonjol Padang melakukan kunjungan silaturahmi ke UIN Sumatra Utara (UINSU) Medan pada Jumat (17/5/2024).
Jalin Kolaborasi, Senat UIN Imam Bonjol Padang Kunjungi UIN Sumatra Utara
Senat Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang melakukan kunjungan benchmarking ke UIN Ar Raniry Banda Aceh pada 15-17 Mei 2024
Tingkatkan Mutu Akademik dan Tata Kelola, Senat UIN Imam Bonjol Kunjungi UIN Ar Raniry
Humas dan Tim Teknis Akademik Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menghhadiri bimbingan teknis pendaftaran dan
Humas dan Tim Teknis Akademik UIN IB Padang Hadiri Bimtek Pendaftaran UM-PTKIN 2024
Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) mengunjungi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang pada Selasa (14/5/2024).
Delegasi Universiti Kebangsaan Malaysia Kunjungi UIN Imam Bonjol Padang
Tujuh orang dosen muda di UIN Imam Bonjol Padang menerima sertifikat Sertifikasi Dosen (Serdos). Sertifikat Serdos itu diserahkan oleh.
7 Dosen Muda UIN Imam Bonjol Padang Terima Sertifikat Serdos