Pj Wali Kota Jasman Resmi Luncurkan PPDB Kota Payakumbuh

InfoLanggam – Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman secara resmi meluncurkan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Payakumbuh tahun pelajaran 2024/2025 di SD Negeri 2 Payakumbuh, Senin (13/5/2024).

“Hari ini penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 jenjang TK, SD dan SMP akan dibuka mulai hari ini, 13 Mei 2024 secara online sampai dengan 25 Mei mendatang,” ujar Jasman.

Ia mengatakan calon siswa SD dan SMP dapat mendaftar pada sekolah yang dituju melalui jalur yang sudah ditetapkan sesuai aturan yang berlaku.

“Untuk jalur pendaftaran SD yaitu zonasi dan perpindahan tugas orang tua, sedangkan untuk SMP melalui jalur zonasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua,” ujarnya.

Ia menyebutkan, jalur zonasi diperuntukkan sesuai dengan pembagian wilayah kelurahan yang telah ditetapkan pada tahun sebelumnya. Calon siswa dapat mendaftar pada sekolah terdekat dengan wilayah tempat tinggalnya.

Sedangkan prestasi adalah prestasi akademik, non akademik, dan tahfidz minimal tingkat kota dan untuk jalur perpindahan tugas orang tua menyertakan SK perpindahan tugas orang tua.

Dalam PPDB tahun pelajaran 2024/2025, sambung Jasman, diharapkan Tim Pelaksana Satuan Pendidikan berkomitmen secara penuh dalam menyukseskan PPDB di Kota Payakumbuh dengan mematuhi aturan yang berlaku dan tidak melakukan pungutan apapun dalam proses PPDB.

“Mari kita sukseskan PPDB tahun 2024/2025, agar anak-anak kita di Kota Payakumbuh dapat tertampung seluruhnya pada sekolah yang ada di Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril mengatakan berdasarkan data, kuota daya tampung sekolah masih mencukupi untuk menamping peserta didik di Kota Payakumbuh.

“Seperti data dari jumlah peserta didik dari satuan PAUD yang akan lulus tahun 2023/2024 total siswanya itu berjumlah 2.327. Sedangkan daya tampung untuk sekolah dasar itu sebanyak 3612 siswa,” katanya.

Sementara untuk jumlah peserta didik dari tingkat sekolah dasar yang akan lulus tahun 2023/2024 berjumlah 2.650 dengan daya tampung untuk sekolah menengah pertama sebanyak 3.168. (*)

Baca Juga

Kapolres Payakumbuh Wahyuni Sri Lestari mengatakan, pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI yang akan dilaksanakan 13 Juli
Polres Payakumbuh Kerahkan 217 Personel Amankan PSU DPD RI 13 Juli
Sekda Payakumbuh, Rida Ananda menghadiri rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Aula Randang,
Pemko Payakumbuh Komitmen Realisasikan Percepatan Penurunan Stunting
Pemko Payakumbuh akan menggelar lomba mural guna menyambut HUT RI ke-79. Untuk mempersiapkan lomba tersebut, Pemko Payakumbuh mengadakan
Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural Guna Sambut HUT RI ke-79, Ini Jadwalnya
Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh ikut berkurban bersama masyarakat Tangah Padang, Kelurahan Balai Panjang melalui program ASN Berkurban
Hewan Kurban dari Pj Wako Payakumbuh Disalurkan di Tangah Padang
Sebanyak 30 kelompok tani di Kota Payakumbuh menerima bantuan alat dan mesin pertanian di Kantor Dinas Pertanian Kota Payakumbuh.
30 Kelompok Tani di Payakumbuh Terima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian
Penjabat Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno menerima kunjungan dari UP3 PLN Payakumbuh di ruang kerja lantai II Kantor Wali Kota Payakumbuh
Bertemu UP3 PLN Payakumbuh, Pj Wako Sinergikan Sejumlah Program Pemko