Pj Wako Payakumbuh Terima Penghargaan Baznas Award 2024

InfoLanggam - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman menerima penghargaan Baznas Awards 2024 yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Penghargaan yang diterima Jasman tersebut yaitu dalam kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Ahmad.

Baznas Award 2024 diselenggarakan dalam rangka mengapresiasi kinerja Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten/Kota, LAZ, dan para pihak yang telah berkontribusi besar terhadap pengelolaan zakat di Indonesia.

Dalam acara penganugerahan tersebut, juga hadir Ketua MUI KH Anwar Iskandar, Dubes Mesir untuk Indonesia, Dubes Indonesia untuk Mesir, Ketua Bayt Zakat Mesir, Gubernur penerima award se-Indonesia, dan Walikota/Bupati penerima award se-Indonesia.

Di awal sambutannya, Ketua Baznas RI, KH Noor Ahmad mengungkapkan bahwa jika perkembangan Baznas saat ini maju cukup pesat. Dimana peningkatan tersebut telah mencapai 30 persen setiap tahunnya.

Hal ini menurutnya, tidak lepas dari gerakan Cinta Zakat dan Gerakan Berkah Zakat yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Pada tahun 2023 kemaren, capaian zakat se-Indonesia telah mencapai Rp33 triliun melalui Baznas dan LAZ. Dan pada tahun 2024 sekarang, Baznas telah menargetkan untuk capaian zakat yang diterima akan mencapai Rp41 triliun. Serta tentunya prestasi ini juga tak lepas dari peran kepala daerah yang membuat kebijakan yang mendorong peningkatan capaian zakat,” beber Noor Ahmad.

Ia menjelaskan, dlam penerimaan maanfaat zakat warga Indonesia saat ini, sudah mencapai 65 juta orang se-Indonesia. Dan telah ada 450 ribu orang muzakki. Saat ini program unggulan Baznas adalah pengembangan kampung zakat.

"Dengan program yang akan berjalan di tahun 2024 ini, kita berharap program Baznas akan berkonsentrasi pada pengentasan kemiskinan melalui beasiswa pendidikan," bebernya.

Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman setelah menerima penghargaan Baznas Awards 2024 mengucapkan ras syukur atas penghargaan yang telah diraih dan akan terus mendukung optimalisasi pengelolaan dan pendistribusian zakat di Kota Payakumbuh.

"Alhamdulilah, penghargaan ini adalah apresiasi atas kerja keras kita bersama, seluruh pihak yang terlibat maupun stakeholder yang mendukung pengelolaan zakat di Kota Payakumbuh. Terutama Baznas Kota Payakumbuh serta seluruh UPZ yang berkontribusi positif dalam penyelenggaraan dan pengelolaan zakat ummat di Kota Payakumbuh," ucap Jasman.

Menurutnya, dalam penyaluran zakat, Pemko Payakumbuh selalu fokus mengutamakan pemanfaatannya. Sehingga selain untuk menurunkan angka kemiskinan, manfaat zakat juga mampu secara optimal menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Kita akan selalu berusaha agar penyaluran zakat ini dapat berjalan lebih optimal lagi untuk masyarakat, sehingga tidak hanya untuk menurunkan angka kemiskinan, akan tetapi zakat ini juga dapat menggerakkan perekonomian warga masyarakat kota Payakumbuh,” terangnya.

Jasman berharap, penghargaan ini akan menjadi semangat dan motivasi bagi seluruh jajaran ASN di lingkup Pemko Payakumbuh, agar bisa lebih serius lagi dan komit dalam mendukung pengelolaan zakat di Kota Payakumbuh. (*/yki)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan
Pemko Payakumbuh Raih Opini WTP ke-10 Berturut-turut
Dinas Koperasi dan UKM Payakumbuh menggelar pasar murah, Kamis (14/4/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh.
Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Kembali Gelar Pasar Murah
Pemko Payakumbuh kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pelataran Parkir Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (1/4/2024).
Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Gelar Gerakan Pangan Murah
Baznas Payakumbuh menyerahkan bantuan kepada 62 orang dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan non-ASN di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.
62 Tenaga Pendidik dan Kependidikan Non-ASN Payakumbuh Terima Bantuan dari Baznas
Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman melakukan monitoring pengawasan obat dan makanan ke Pasar Pabukoan Jalan Soetan Usman Payakumbuh
Monitoring Pasa Pabukoan Bersama BPOM, Jasman: Makanan yang Dijual Aman Dikonsumsi
Tim Safari Ramadan (TSR) Kota Payakumbuh menyerahkan total bantuan sebesar Rp325 juta pada bulan Ramadan 1445 H yang terbagi ke dalam 7
Tim Safari Ramadan Kota Payakumbuh Serahkan Total Bantuan Rp325 Juta