Pj Wako Payakumbuh Lakukan Penanaman Cabai di Kelurahan Parik Muko Aie

Infolanggam — Pemko Payakumbuh melakukan berbagai upaya untuk menahan laju inflasi. Salah satunya adalah penanaman cabai di Kelurahan Parik Muko Aia, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Rabu (12/6/2024) pagi.

“Pagi ini kita menanam cabai di Kelompok Tani Mekar Sari Kelurahan Parik Muko Aia. Harapannya ini tidak hanya sekedar ditanam, tetapi juga dirawat dengan baik hingga masa panen nantinya,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Suprayitno.

Suprayitno menjelaskan, penanaman cabai ini dilakukan dalam rangka menahan laju inflasi yang ditengarai tengah bergejolak pada dua komoditi, yaitu cabai dan beras.

“Upaya penanaman cabai secara berkelompok dan mandiri mesti digalakkan sedari sekarang. Terlebih, harga bahan pangan biasanya akan mengalami kenaikan menjelang perayaan hari-hari besar, yang terdekat adalah Hari Raya Idul Adha,” ungkapnya.

Suprayitno menegaskan, ia bersama jajaran terus berkomitmen melakukan berbagai upaya untuk mencapai kestabilan harga bahan pokok.

“Harga yang kita inginkan adalah harga yang seimbang, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Keadilan harga pangan mesti dirasakan oleh masyarakat kita yang berperan sebagai produsen maupun konsumen,” tegasnya.

Kemudian, Suprayitno juga mengingatkan masyarakat tentang persoalan sampah yang masih dan akan terus menjadi perhatian bersama.

“Kami berharap, bapak dan ibu dapat melakukan pemilahan sampah anorganik dan organik secara mandiri. Adapun sampah organik dapat dimanfaatkan untuk menjadi pupuk bagi tanaman cabai yang baru saja kita tanam,” katanya.

Menurut Suprayitno, hal ini mesti dilakukan bersama secara masif dan serius hingga produktifitasnya bagus.

“Mari kita bangun bersama Kota Payakumbuh melalui pertaniannya. Saya optimis daerah kita mampu melaju ke tingkat nasional bahkan internasional, asal kita semua memiliki visi dan semangat yang sama untuk membangun Payakumbuh,” ujarnya.

Selanjutnya, Pj Wako Suprayitno melakukan penanaman cabai kopay yang merupakan cabai asli dari Lamposi Tigo Nagori di lahan Kelompok Tani Mekarsari.

Dalam kegiatan ini, Pj Wako didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Depi Sastra Lamposi Tigo Nagori Diki Engla, Lurah dan Bhabinkamtibmas Parik Muko Aia, serta disaksikan oleh masyarakat setempat. (*)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh menyatakan siap berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Rendang Minangkabau (Hipermi) untuk keberlanjutan
Tingkatkan Pasar Ekspor Rendang, Pemko Payakumbuh Siap Berkolaborasi dengan Hipermi
Tiga atlet paralayang dari Kota Payakumbuh yakni Jordi Ansyah R, Abdurrahman Hidayat, Rira Nurhakim berhasil meraih prestasi
3 Atlet Paralayang Asal Payakumbuh Raih Prestasi di Kejuaraan Internasional
Kota Payakumbuh berhasil meraih prestasi di tingkat nasional pada ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXV yang diadakan
Payakumbuh Raih Prestasi pada Ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXV di Mataram
Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno melepas secara resmi keberangkatan logistik untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD
Lepas Pendistribusian Logistik PSU DPD, Pj Wako Payakumbuh Imbau Warga Gunakan Hak Pilih
Bawaslu masih menemukan calon anggota DPD yang memasang alat peraga kampanye (APK) di beberapa titik di Kota Payakumbuh. Padahal berdasarkan
Bawaslu Bakal Tertibkan 113 APK Calon Anggota DPD yang Masih Terpasang di Payakumbuh
Payakumbuh Botuang Festival (PBF) yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf)
Payakumbuh Botuang Festival Dibuka, Pj Wako: Pemko Komitmen Majukan Pariwisata dan Ekraf