Pj Wako Padang Dorong Pelaku IKM Miliki Desain Kemasan yang Menarik

Langgam.id - Penjabat Wali Kota Padang, Andree Algamar, menyampaikan pentingnya kemasan yang menarik bagi pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM). Menurutnya konsumen modern tidak hanya mencari produk yang berkualitas, tetapi juga kemasan yang menarik, informatif sekaligus ramah lingkungan.

Hal di atas disampaikan Andree Algamar sewaktu membuka Pelatihan Desain Kemasan dan Proses Produksi Kemasan Pangan Skala Rumah Kemasan di UNP Hotel dan Convention Center, Rabu (26/6/2024).

"Desain kemasan yang baik menjadi kunci sukses bagi produk IKM untuk bersaing di pasar global yang kompetitif. Hal itu dapat meningkatkan daya tarik produk, memberikan informasi yang jelas bagi konsumen, serta melindungi produk dari kerusakan," ujar Andree menambahkan.

Di kesempatan ini Andree Algamar juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang yang telah menggelar pelatihan desain kemasan bagi pelaku usaha IKM.

"Kegiatan ini upaya konkret Pemko Padang dalam mendukung kemajuan IKM di Kota Padang yang berjumlah 10 ribu lebih. Kepada para peserta mari manfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita dalam hal mendesain kemasan, serta dalam melakukan proses produksi kemasan pangan," pungkas Pj Wako Padang menyemangati.

Kepala Disnakerin Kota Padang Ferri Erviyan Rinaldi menyebutkan, maksud pelatihan desain kemasan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta dalam merancang kemasan produk yang efektif dan menarik.

"Selain itu juga memberikan pengetahuan tentang pemilihan bahan kemasan dan pencantuman nilai gizi, serta cara memilih bahan yang tepat berdasarkan karakteristik produk dan kebutuhan pasar. Selanjutnya juga untuk memberikan pengetahuan tentang fotografi produk yang tepat kepada pelaku IKM," sebutnya.

Tujuan pelatihan desain kemasan ini lanjut Ferri, menghasilkan desainer kemasan yang mampu memberikan pendampingan dan konsultansi di bidang kemasan. Kemudian dapat menciptakan kemasan yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga fungsional, efisien dan sesuai dengan strategi pemasaran produk.

"Pelatihan ini berlangsung selama 26-28 Juni 2024 dengan diikuti 20 peserta yang telah memiliki kemampuan dasar di bidang desain. Sumber anggarannya dari dana alokasi khusus (DAK) Non Fisik Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Tahun 2024. Untuk narasumber berasal dari Klinik Desain Merek dan Kemasan Ditjen IKMA Kemenperin dan Fotografer Produk dari Novalina Photowork," ulas Ferri. (*/Fs)

Baca Juga

Olah Sampah jadi Bernilai Ekonomi, Pj Wako Padang Libatkan ODUP
Olah Sampah jadi Bernilai Ekonomi, Pj Wako Padang Libatkan ODUP
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Bahkan, minyak goreng di Padang masih ada yang dijual seharga Rp22 ribu per liter
Padang Great Sale 2024, Siap-siap Diskon Besar di Berbagai Gerai
Pj Wako Padang Ziarah ke Makam Pahlawan, Tutup Rangkaian Peringatan Gugurnya Bagindo Aziz Chan
Pj Wako Padang Ziarah ke Makam Pahlawan, Tutup Rangkaian Peringatan Gugurnya Bagindo Aziz Chan
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar mengunjungi rumah kelahiran Wali Kota Padang ke-2 yang juga merupakan pahlawan nasional, Bagindo Aziz Chan yang berada di Alang Laweh, Padang.
Pj Wako Padang Kunjungi Rumah Kelahiran Bagindo Aziz Chan di Alang Laweh
Pemko Dukung 55 Atlet Disabilitas Padang Tampil di PeSODA 2024
Pemko Dukung 55 Atlet Disabilitas Padang Tampil di PeSODA 2024
Pj Wako Padang Apresiasi PDGI Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDIT Adzkia
Pj Wako Padang Apresiasi PDGI Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDIT Adzkia