Terbaik I, Kelurahan Koto Panjang Payakumbuh Akan Wakili Sumbar di Tingkat Regional Sumatra

Kelurahan Koto Panjang, Kota Payakumbuh, sukses menyabet predikat terbaik 1 pada Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2024.

Pj Wako Payakumbuh Suprayitno menerima SK tentang Penetapan Pemenang Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Tingkat Sumbar 2024 dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumbar, Amasrul. [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id - Kelurahan Koto Panjang, Kota Payakumbuh, sukses menyabet predikat terbaik 1 pada Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumatra Barat (Sumbar), Amasrul, Senin (1/7/2024).

"Dari 3 kelurahan yang masuk nominasi, Kelurahan Koto Panjang Kota Payakumbuh yang ditetapkan sebagai pemenang," ujar Amasrul.

Amasrul menjelaskan, bahwa penetapan hasil pemenang lomba kelurahan tahun 2024 telah dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur Sumatra Barat Nomor 414.3-450-2024 tentang Penetapan Pemenang Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatra Barat Tahun 2024.

"Dalam surat tersebut, ditetapkan pula juara 2 dan 3, yakni Kelurahan Koto Panjang dari Kota Padang Panjang dan Kelurahan Kubu Marapalam yang merupakan perwakilan Kota Padang," sambungnya.

Amasrul mengungkapkan, 3 kelurahan yang tercantum di SK adalah kelurahan yang masuk nominasi untuk dikunjungi dan melakukan ekspose setelah melewati seleksi administrasi dan dokumen oleh tim provinsi.

"Juara 1 lomba kelurahan Tingkat Provinsi ini akan menjadi delegasi Sumatra Barat untuk berkompetisi di tingkat regional yakni regional Pulau Sumatra," bebernya.

Seleksi perlombaan tingkat regional itu akan melalui beberapa tahapan, yakni seleksi administrasi sesuai bidang penilaian berdasarkan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi desa dan kelurahan, peninjauan lapangan, serta ekspose.

"Saya berharap, sebelum lomba tingkat regional dimulai, Kelurahan Koto Panjang dapat mempersiapkan segala sesuatu yang akan menjadi indikator penilaian agar dapat meraih hasil terbaik nantinya," tuturnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Suprayitno mengaku bangga dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh kelurahan yang memiliki motto pelayanan 'Koto Panjang Batuah' tersebut.

"Alhamdulillah, hari ini kita telah menerima SK pemenang lomba kelurahan tingkat Provinsi Sumatra Barat yang diadakan oleh Dinas PMD Sumbar," kata Pj Wako Suprayitno didampingi Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ketua TP PKK, kabag Pemerintahan dan jajaran, Camat Payakumbuh Timur, dan Lurah Koto Panjang.

Ia mengatakan bahwa Pemko Payakumbuh terus mendukung kelurahan yang memiliki 15 inovasi, potensi, dan unggulan dari kelurahannya tersebut untuk melaju ke tahap selanjutnya.

"Pemko dan masyarakat Payakumbuh patut berbangga, 15 inovasi dengan dampak nyata yang diusung oleh Koto Panjang pada perlombaan ini layak diacungi jempol," tuturnya.

Selanjutnya, Suprayitno menyebut penilaian ini tak hanya sekedar lomba, namun juga berfungsi sebagai pendorong kelurahan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki, serta menjadi momentum evaluasi untuk pembenahan kelurahan.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan, semoga Kelurahan Koto Panjang dapat kembali mengharumkan nama Sumatra Barat khususnya Payakumbuh di kancah nasional," harapnya. (*)

Baca Juga

Kota Payakumbuh berhasil meraih prestasi di tingkat nasional pada ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXV yang diadakan
Payakumbuh Raih Prestasi pada Ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXV di Mataram
Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno melepas secara resmi keberangkatan logistik untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD
Lepas Pendistribusian Logistik PSU DPD, Pj Wako Payakumbuh Imbau Warga Gunakan Hak Pilih
Bawaslu masih menemukan calon anggota DPD yang memasang alat peraga kampanye (APK) di beberapa titik di Kota Payakumbuh. Padahal berdasarkan
Bawaslu Bakal Tertibkan 113 APK Calon Anggota DPD yang Masih Terpasang di Payakumbuh
Payakumbuh Botuang Festival (PBF) yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf)
Payakumbuh Botuang Festival Dibuka, Pj Wako: Pemko Komitmen Majukan Pariwisata dan Ekraf
Kapolres Payakumbuh berganti dari AKBP Wahyuni Sri Lestari kepada pejabat yang baru yaitu AKBP Ricky Ricardo. Selasa (9/7/2024), digelar
Kapolres Payakumbuh Berganti, Pemko Yakin Sinergitas Akan Terjalin Lebih Kuat
Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024 yang digelar di halaman Balai Kota Payakumbuh, berlangsung meriah.
Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Payakumbuh 2024 Berlangsung Meriah