Pilrek Unand: 2 Kali Nyalon, Novesar Jamarun Patok Unand Masuk World Class University

Pilrek Unand: 2 Kali Nyalon, Novesar Jamarun Patok Unand Masuk World Class University

Calon Rektor Unand Novesar Jamarun saat menyampaikan visi dan misi dalam rapat senat terbuka di Conventin Hall Unand, Selasa (14/5). (Heri Sikumbang)

Langgam.id – Calon rektor Universitas Andalas (Unand) Novesar Jamarun memprioritaskan perguruan tinggi tersebut harus menjadi world class university, yang mempunyai daya saing tinggi.

“Saat ini, Unand baru peringkat 809 Asia, dan saya menargetkan Universitas Andalas harus masuk peringkat 100 Asia,” katanya saat penyampaian visi misi dalam rapat senat terbuka pemilihan rektor Unand 2019-2023, Selasa (14/5/2019).

Meski sudah menjadi rektor di Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Novesar tetap ingin terus mengabdi di almamaternya memajukan Universitas Andalas. Makanya, ia juga memilih ikut dalam pemilihan rektor Unand kali ini.

“Ini kali kedua saya mencalon rektor Unand, semoga tahun ini terpilih,” katanya, disambut gelak tawa hadirin di Convention Hall Unand.

Novesar menargetkan Unand pada 2022 sudah bisa masuk lima besar secara nasional, masuk 100 terbaik Asia, dan masuk peringkat 1.000 dunia.

Ia melihat salah satu persoalan Unand adalah masih banyak lulusannya yang tidak terserap di dunia kerja baik di pemerintahan maupun di sektor swasta.

“Artinya ada miss match, antara kompetensi lulusan dan kebutuhan dunia kerja. Hal ini menunjukkan lulusan Unand belum sepenuhnya dapat mengisi berbagai kesemptan di dunia kerja,” katanya.

Makanya, pria kelahiran Silantai, 6 Mei 1962 ini menargetkan percepatan peningkatan ranking Unand agar masuk lima besar secara nasional, sehingga menjadi perguruan tinggi terkemuka dan lulusannya diincar di dunia kerja.

Adapun, program yang ia tawarkan yakni dibagi dalam beberapa prioritas kerja, yaitu peningkatan akademik atmosfer dan proses belajar mengajar baik dari segi fasilitas, mutu, penelitian dan prestasi.

Kemudian, penguatan program studi dan fakultas, pengembangan dosen dan tenaga kependidikan, organisasi dan pengelolaan, kemahasiswaan dan alumni, dan peningkatan kerjasama.

Novesar adalah lulusan sarjana kimia analisis dari Unand, S2 ditempuh di Institut Teknologi Bandung, dan S3 dari Universiti Sains Malaysia.

Jabatan struktural yang pernah diembannya antara lain Ketua Jurusan Teknik Lingkungan ATI Padang (1995-1997), Sekretaris Jurusan Kimia FMIPA Unand (2000-2003), Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unand (2003-2006), Ketua Prodi S2 dan S3 Kimia (2003-2006), Ketua STIPER Sijunjung (2005-2006), Kepala Lab Jasa Analisis FMIPA (2003-2010), Pembantu Rektor I Unand (2006-2010), Pembantu Rektor III Unand (2010-2014), dan Rektor ISI Padang Panjang (2014-sekarang).

Baca Juga

Rektor Universitas Andalas (UNAND) Efa Yonnedi memastikan bahwa tidak ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun ajaran baru
Rektor UNAND Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Universitas Andalas (Unand) akan menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Unand Buka Program Doktor Ilmu Akuntasi, Tahun Ini Terima Mahasiswa Baru
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang