Petugas Evakuasi Ular Piton Panjang 3 Meter dari Kawasan Taman di Payakumbuh

Petugas Evakuasi Ular Piton Panjang 3 Meter dari Kawasan Taman di Payakumbuh

Ular piton yang dievakuasi di Payakumbuh. (Foto: Damkar Payakumbuh/ berita.payakumbuhkota.go.id)

Langgam.id - Petugas dari tim animal rescue Pemadam Kebakaran mengevakuasi seekor ular piton sepanjang 3 meter dari taman di Kota Payakumbuh. Petugas kebersihan menemukan ular tersebut di tepian aliran sungai dekat taman.

Kabid Damkar Budi Kurniawan dalam keterangan tertulisnya mengatakan, lokasi penemuan ular piton itu masih di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Payakumbuh. Petugas menemukannya pada Jumat (16/7/2021).

Menurutnya, petugas yang melihat ular itu kebersihan khawatir ular tersebut naik ke taman dan bisa membahayakan keselamatan pengunjung. Juga anak-anak yang sering mandi di tepian Batang Agam dekat jembatan tersebut.

Baca Juga: Petugas Damkar Payakumbuh Evakuasi Ular 1,5 Meter dari Mesin Printer Kantor Kelurahan

Petugas kebersihan itu kemudian melapor kepada tim Damkar. “Kami memenuhi permintaan bantuan dari penjaga taman Ratapan Ibu, bahwa ada ular yang membahayakan. Wajar ada ular karena lokasinya didekat peraian atau sungai,” kata Budi, sebagaimana dirilis situs resmi Pemko Payakumbuh.

Menurutnya, dalam mengamankan hewan petugas Damkar Kota Payakumbuh tetap bekerja dengan standar prosedur operasional. Setelah mengecek lokasi, petugas mengamankan area, mempersiapkan peralatan, dan kemudian menangkapnya.

Ia mengatakan, warga Kota Payakumbuh bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan kepada hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya. Masyarakat dapat menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913. (*/SS)

Baca Juga

Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
ICH Fest 2023: Atasi Perang Klaim, Upaya Persatukan Bangsa Serumpun Kelola Warisan Budaya Takbenda
ICH Fest 2023: Atasi Perang Klaim, Upaya Persatukan Bangsa Serumpun Kelola Warisan Budaya Takbenda
Sebuah rumah di Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumbar, terbakar pada Kamis (21/9/2023)
Kebakaran Landa Rumah Warga di Payakumbuh, Satu Orang Meninggal Dunia
Kebakaran menghanguskan sebanyak enam bangunan yang berada di Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, pada Sabtu
Kebakaran Hanguskan 6 Bangunan di Payakumbuh Dini Hari Tadi
Diduga menjual narkotika jenis sabu, dua warga Kecamatan Payakumbuh Utara dibekuk Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh, Rabu (2/8/2023).
DPO Sejak 2021, Pelaku Pencurian di Payakumbuh Akhirnya Diringkus Polisi