Pesisir Selatan Buka Akses Jalan ke Air Terjun Lembah Dewa

Pesisir Selatan Buka Akses Jalan ke Air Terjun Lembah Dewa

Ilustrasi - Air Terjun Bukit Katuak, Kampung Akad, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang. Pesisir Selatan kaya dengan destinasi air terjun. Selain ini, sedang dibuka akses jalan menuju Air Terjun Lembah Dewa di Koto Ranah, Kecamatan Bayang Utara. (Foto: pesisirselatankab.go.id)

Langgam.id - Pemerintahan Nagari bersama masyarakat Koto Ranah, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan saat ini tengah membuka akses jalan menuju Kampung Bayang Janih.

Akses jalan sepanjang 12 kilometer ke kampung tersebut untuk membuka keterisoliran dan mencapai potensi objek wisata yang menawan. Yakni, Air Terjun Lembah Dewa dan Jembatan Akar Bayang Janiah. Demikian dilansir situs resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Ahad (17/3/2019).

Wali Nagari Koto Ranah Asrizal mengatakan, Kampung Bayang Janih meskinpun masih terisolir, namun kaya dengan potensi alamnya yang unik serta pemandangan alam pengunungan yang menawan. Tak heran daerah ini sudah mulai dilirik wisatawan yang mulai berkunjung untuk memafaatkan waktu senggang

Selain potensi wisata, jalan yang dibangun diharapkan bisa membebaskan warga setempat dari keterisoliran. Warga kampung tersebut mencapai 600 jiwa yang terdiri dalam 55 kepala keluarga.

Pemerintahan bersama Bamus Nagari setempat menjadikan program ini sebagai prioritas nagari. Namun, pelaksanaannya dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan dana yang ada di nagari.

Kampung Bayang Janiah memiliki Jembatan akar pohon beringin sebagai warisan orang tua mereka melintasi sungai Bayang Janiah yang sangat jernih. Pemandangan alam mempesona, terletak pada lingkungan perbukitan yang berbentuk kuali dengan udara yang sejuk dan nyaman.

Ada juga Air Terjun Lembah Dewa dan sebuah Kincir air dengan berkapasitas cukup besar sebagai alat pengairan sawah bagi para petani.

Hal lain, masyarakat setempat menyambut positif kunjungan wisatawan. "Dengan sikap keramah tamahan yang mereka miliki, hal tersebut tentu akan membuat masyarakat merasa puas ketika berkunjung ke daerah ini," kata Asrizal. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pemko Rilis Kalender Pariwisata, Berikut 47 Acara di Padang Selama 2023
Pemko Rilis Kalender Pariwisata, Berikut 47 Acara di Padang Selama 2023
Tarik Perhatian Masyarakat Malaysia, Dispar Sumbar Sukses Gelar Promosi Wisata
Tarik Perhatian Masyarakat Malaysia, Dispar Sumbar Sukses Gelar Promosi Wisata
Langgam.id - Wali Kota Padang, Hendri Septa mengaku optimis daerah yang ia pimpin bisa meraih Peduli Wisata Awards (PWA) tahun 2022.
Sebut Sejalan dengan RPJMD 2019-2024, Hendri Septa Optimis Kota Padang Raih Peduli Wisata Awards 2022
Langgam.id - Pemkab Agam menggelar Lomba Pasambahan dalam rangkaian Festival Peseona Danau Maninjau (FestDamaMa) 2022.
Kata Bupati Agam Soal Festival Pesona Danau Maninjau: Ini Marwah Daerah yang Bertuah
macet-di-jalan-utama-pessel-wisata-penyanggah-pilihan-perantau-nikmati-lebaran
Macet di Jalan Utama Pessel, Wisata Penyanggah Pilihan Perantau Nikmati Lebaran
Punya Luas 2,5 Ha, Ricky Donald: Marawa Beach Padang Lebih Besar Dibanding yang di Bali
Punya Luas 2,5 Ha, Ricky Donald: Marawa Beach Padang Lebih Besar Dibanding yang di Bali