Pesilat Binaan Semen Padang Wakili Indonesia di ASEAN Schools Games 2024 Vietnam

Pesilat Binaan Semen Padang Wakili Indonesia di ASEAN Schools Games 2024 Vietnam

Dirut Semen Padang Indrieffouny Indra melepas pesilat binaan ke ajang internasional di Vietnam. (Foto: Dok. Humas SP)

Langgam.id-- Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra melepas Muhammad Iqbal, atlet pencak silat binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSPG), yang terpilih mewakili Indonesia pada kejuaraan ASEAN Schools Games 2024 Vietnam, 1-9 Juni 2024.

Pelepasan Muhammad Iqbal tersebut dihadiri Ketua Umum FKKSPG, Freddo Syukri dan Sekretaris Umum, Arfan Asmara Putra, serta pelatih perguruan silat Kelatnas Perisai Diri, Yuharmen. Iqbal sendiri merupakan satu-satunya pesilat asal Sumbar yang dipilih mewakili Indonesia di ajang tersebut.

Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra dalam kesempatan itu mengucapkan selamat dan rasa bangga atas capaian yang telah diraih Iqbal. Semoga, Iqbal bisa meraih medali emas pada ASEAN Schools Games 2024, dan bisa mengharumkan nama Indonesia dan Semen Padang khususnya.

"Selamat bertanding. Semoga pulangnya membawa medali emas. Junjung tinggi sportifitas dan fight," ujar pria yang akrab disapa Arief tersebut, di ruang kerjanya, Kantor Pusat PT Semen Padang.

Arief berpesan, agar Iqbal cepat menyesuaikan diri saat berada di Vietnam nantinya. "Karena ada perbedaan dengan negara kita, terutama makanannya maupun lingkungan, Iqbal harus cepat beradaptasi dengan itu semua agar tidak mempengaruhi saat bertanding," ujarnya, Jumat (17/5/2024).

Ketua Umum FKKSPG, Freddo Syukri yang didampingi Sekretaris Umum FKKSPG Arfan Asmara Putra mengungkapkan terpilihnya Iqbal mewakili Indonesia pada ajang ASEAN Schools Games 2024 Vietnam, merupakan usaha yang tidak mudah. Tentunya, butuh kerja keras dan ketekunan, serta kedisiplinan dalam mengikuti latihan. "Semoga pencapaian Iqbal ini bisa menjadi motivasi bagi atlet binaan FKKSPG lainnya," kata Freddo.

Ia mengatakan, pencapaian Iqbal ini luar biasa. Karena hanya dia satu-satunya atlet pencak silat dari Sumbar yang terpilih mewakili Indonesia di ajang ASEAN. "Semoga apa yang diraih Iqbal, bisa meningkatkan motivasi para atlet binaan FKKSPG lainnya. Selamat Iqbal, semoga bisa mengibarkan Merah Putih di ajang olahraga yang diikuti oleh negara-negara ASEAN," katanya.

Pelatih Kelatnas Perisai Diri Yuharmen, juga mengaku bangga dengan pencapaian Iqbal sekarang ini. Dia mengaku, kesuksesan Iqbal hingga ke tahap sekarang ini tentunya akan menjadi penyemangat bagi jajaran pelatih untuk terus mengasah kemampuan atlet-atlet yang dilatih. "Ini menjadi penyemangat kami, dan semoga apa yang ditoreh Iqbal ini dapat menular ke atlet kami yang lainnya," kata Yuharmen.

Diketahui, ASEAN Schools Games (ASG) (secara informal dikenal sebagai Youth SEA Games ) adalah acara multi-olahraga tahunan untuk atlet siswa sekolah menengah di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan diselenggarakan di bawah wewenang Dewan Olahraga Sekolah ASEAN (ASSC ).

ASG bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi atlet sekolah untuk mengadu bakat olahraga mereka di kawasan ASEAN dan untuk memberikan kesempatan bagi atlet sekolah untuk berinteraksi dan terlibat dalam pertukaran budaya di ASEAN.

ASG pertama diselenggarakan di Thailand pada tahun 2009, sedangkan saat ini merupakan penyelenggaraan ke-XIII yang akan berlangsung di Can Tho, Vietnam.

Bertekad Boyong Emas
Iqbal menyebut bahwa dirinya terpilih mewakili Indonesia di ASEAN Schools Games berdasarkan pantauan IPSI Pusat melalui ajang Pra PON dan Popnas. Dan, dirinya sangat bersyukur bisa mengikuti ajang internasional tersebut. Dia pun bertekad untuk bisa membawa medali emas pulang ke Indonesia. "Target saya emas, mudah-mudahan bisa saya wujudkan. Mohon dukungan dari masyarakat Indonesia," katanya.

Iqbal sendiri mengaku bahwa saat ini dirinya tengah fokus mengikuti pemusatan latihan untuk persiapan PON Aceh-Sumut. Tentunya, pemusatan latihan ini sekaligus menjadi persiapan bagi diri saya untuk mengikuti ajang ASEAN Schools Games 2024. "Alhamdulillah, jajaran pelatih dan kawan-kawan dan di tempat pemusatan latihan, turut serta mendukung saya untuk persiapan ASEAN Schools Games," bebernya.

Iqbal merupakan atlet pencak silat kebanggaan Sumbar. Berbagai prestasi telah banyak ditorehkan, di antaranya, Juara I Kelas A Putra Kejurnas/Pra PON Pencak Silat, Juara I Putra Kelas C Tingkat Remaja pada Kejuaran Pencak Silat Tingkat Nasional Kapolri Cup I Tahun 2023, dan Juara II Kelas B Putra pada kegiatan pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi tingkat daerah Provinsi Sumbar atau seleksi atlet daerah Kota Padang tahun 2021.

Selanjutnya, Juara III Kelas C Putra Remaja Kejuaraan Pencak Silat Persinaga Cup di GOR Sawah Lebar Kota Bengkulu pada Desember 2021, Juara I kelas F Putra praremaja pada Pencak Silat Tangan Mas Open Champsionship I pada Mei 2022, Juara III Kelas C Putra pada Kejurnas Pencak Silat antar Satuan Pendidikan yang digelar pada September 2022 di Kota Payakumbuh.

Kemudian, pelajar SMA Negeri 14 Padang itu juga meraih Juara II Kelas C Putra pada Kejurnas antar Satuan Pendidikan Tingkat Nasional yang digelar di Jakarta pada tahun 2022, Juara II kelas C Putra Popnas XVI 2023 Palembang yang digelar 26 Agustus–4 September 2023, dan Juara I Kelas A Putra Kejurda Pencak Silat se-Sumbar tahun 2023.

Selain memiliki sejumlah prestasi yang mentereng di silat, Iqbal ternyata juga berprestasi di sekolah. Bahkan ketika SD, remaja kelahiran 2 Februari 2006 silam itu selalu 3 besar di sekolah. “Alhamdulillah ketika masih SD, saya selalu juara 1, 2, dan 3. Selain juara kelas, waktu SD saya juga pernah juara 3 tahfiz Al-Quran tingkat TPQ/TQA,” pungkas atlet pencak silat yang tinggal di Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang ini. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Sumur Resapan Air: Solusi Efektif untuk Konservasi Air Tanah
Sumur Resapan Air: Solusi Efektif untuk Konservasi Air Tanah
Bertahap, Pemko Padang Pastikan Jalan Rusak Kembali Mulus
Bertahap, Pemko Padang Pastikan Jalan Rusak Kembali Mulus
PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
Gubernur Sumbar Minta Semangat Perang Manggopoh Diwariskan Generasi Muda
Gubernur Sumbar Minta Semangat Perang Manggopoh Diwariskan Generasi Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Reformasi (Bagian II): Introspeksi
Reformasi (Bagian II): Introspeksi