Persiapan Sumbar Expo di Medan Terus Dimatangkan

Persiapan Sumbar Expo di Medan Terus Dimatangkan

Foto: kiriman Bina Kerjasama Rantau

PalantaLanggam - Jelang perhelatan Sumbar Expo di Medan bulan November nanti, Gerakan Ekonomi Budaya Masyarakat Minang (Gebu Minang) Sumatera Utara (Sumut) terus melakukan persiapan.

Rapat koordinasi, Jumat (8/3), Gebu Minang Sumut kedatangan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Ketua Umum Gebu Minang Sumut Putrama Alkhairi, mengatakan, dalam rapat koordinasi di Medan Club tersebut, dihadiri oleh sejumlah pengurus Gebu Minang Sumut, perwakilan BUMD Medan, sejumlah pengusaha Minang di Sumut, serta dari Dinas Kopreasi Sumut.

Nasrul Abit dalam rapat koordinasi tersebut mengatakan, Pemerintah Sumbar ingin penyelenggaraan Sumbar Expo November memberi dampak dan efek positif bagi orang Minang di ranah dan di rantau.

"Sehingga ada tindak lanjut yang terukur dengan parameter yang jelas," ujar Nasrul, dalam rilis yang didapatkan Palanta Langgam, Minggu (10/3).

Pemprov Sumbar, kata Nasrul, akan terus menjadwalkan kordinasi dengan Gebu Minang Sumut dan enterpreneur Minang di Sumut, sehingga penyelenggaraan iven Sumbar Expo tidak hanya memberikan transaksi yang fantastis dan mendapat kemeriahan acara karena mendapat dukungan penuh Pemprov Sumut dan masyarakat Minang serta masyarakat Sumut pada umumnya," terangnya.

Diharapkan sebelum Sumbar Expo sudah dijajaki beberapa MOU antara pengusaha Minang, antara BUMD kedua pemerintahan, termasuk pembukaan cabang Bank Nagari di Medan.

"Ketika Gebu Minang Sumut beraudiensi akan melakukan dukungan penuh dan juga akan menyelenggarakan Sumut Expo pula di Sumbar, agar kedua Pemprov terjalin hubungan yang kuat dalam rangka kemandirian perekonomian daerah," ungkapnya.

Untuk lokasi Sumbar Expo sendiri di Medan, lokasi alternatifnya saat ini adalah di lapangan Benteng atau lapangan Merdeka Medan.

"Sumbar akan mempromosikan produk unggulan beras Solok, kopi Minang, garmen, dan lainnya," ujarnya.

Sumut Expo targetnya lebih dari penyelenggaraan Sumbar Expo di Batam, dan melahirkan beberapa MOU yang menjadi tindak lanjut dari Sumbar Expo.

Sementara potensi masyarakat Minang di Sumut ada sebanyak 340.000 orang.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Munas Gebu Minang, Gubernur: Perantau Penggerak Pariwisata Sumbar
Munas Gebu Minang, Gubernur: Perantau Penggerak Pariwisata Sumbar
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Arus mudik menuju Sumabr dari Riau mulai ramai, namun masih dipadati angkutan umum.
Arus Mudik Riau-Sumbar Masih Didominasi Angkutan Umum
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Pengamat Transportasi dari UBH, arus mudik tahun ini diprediksi akan banyak melalui jalur darat.
Pengamat Transportasi Soal Arus Mudik Lebaran ke Sumbar: Bus Akan Jadi Pilihan
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah memastikan tak ada diskriminasi terhadap Kabupaten Mentawai dalam UU Provinsi Sumbar.
Sambut Kepulangan Perantau, Gubernur Sumbar Ajak Jaga Kebersihan dan Ketertiban
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Tiket pesawat Padang-Jakarta langka, jika ada, harganya mencapai Rp6 juta lebih.
Harga Tiket Pesawat Jakarta-Padang di Hari Libur dan Cuti Lebaran 2022 Capai Rp6 Juta
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Sepekan jelang lebaran, bus jurusan Jakarta-Padang menawarkan harga tiket berbeda-beda.
Ini Harga Tiket Bus Jakarta-Padang Sepekan Jelang Lebaran