Perkuat Fungsi SM Tarusan Arau Hillir, BKSDA Sumbar dapat Bantuan Kamera dan GPS dari Semen Padang

Langgam.id - PT Semen Padang melalui Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku, menyerahkan 10 unit GPS dan 5 kamera, ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar.

Bertempat di Kantor BKSDA Sumbar, bantuan tersebut diserahkan oleh Staff Perencanaan Evaluasi Tambang Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku PT Semen Padang, Yadi Ismondra, kepada Kasubag Tata Usaha BKSDA Sumbar, Wawan Sukawan.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan, bantuan kamera dan GPS itu diserahkan 5 Desember 2022 dan dilatarbelakangi oleh kesepakatan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT Semen Padang dengan BKSDA Sumbar pada 19 Juli 2022.

Dalam PKS tentang Kerja Sama Penguatan Fungsi Kawasan Suaka Margasatwa (SM) Tarusan Arau Hillir Provinsi Sumbar ini, pihak BKSDA membutuhkan dukungan kerjasama dari PT Semen Padang sebagai pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (SK-IPPKH). Salah satu dukungannya, berupa perlindungan kawasan.

"Nah, dari koordinasi kami dengan pihak BKSDA, disebutkan bahwa BKSDA butuh kamera untuk melakukan pengawasan dan GPS untuk kegiatan patroli pengamanan Kawasan SM Tarusan Arau Hillir," kata Anita, Selasa (13/12/2022).

Anita juga menyampaikan bahwa untuk kamera yang diserahkan terdiri dari 1 kamera jenis Canon 90D, dan 4 kamera jenis Canon M100. Selain kamera dan GPS, juga diserahkan 12 papan pengumuman untuk dipasang di area Kawasan SM Tarusan Arau Hillir.

"Mudah-mudahan, GPS dan kamera, termasuk dan papan pengumuman ini, dapat mempermudah BKSDA Sumbar dalam melakukan penguatan fungsi Kawasan SM Tarusan Arau Hillir," ujar Anita.

Sementara itu, Kepala Balai BKSDA Sumbar, Ardi Andono mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang atas bantuan GPS, kamera dan papan pengumuman ini. Ia berharap, kerja sama dengan PT Semen Padang dapat berjalan lancar dan harmonis.

"Terima kasih Semen Padang. Mudah-mudahan kerja sama ini berjalan lancar sesuai ekspekstasi kita bersama, sehingga kawasan konservasi, khususnya SM Tarusan Arau Hilir tetap terjaga kelestariannya," kata Ardi Andono.(*)

Baca Juga

Dibangun Semen Padang, Wako Hendri Septa Resmikan Objek Gua Kelelawar Padayo
Dibangun Semen Padang, Wako Hendri Septa Resmikan Objek Gua Kelelawar Padayo
Bantu Korban Bencana Banjir Bandang, Semen Padang Kirim TRC ke Agam dan Tanah Datar
Bantu Korban Bencana Banjir Bandang, Semen Padang Kirim TRC ke Agam dan Tanah Datar
Seekor beruang Madu kembali terlihat memasuki area perumahan staf PT Mitra Kerinci di Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir,
Sempat Resahkan Warga, Seekor Beruang Madu Masuk Perangkap di Solok Selatan
UNESCO Tetapkan Arsip Indarung I Semen Padang sebagai MOWCAP
UNESCO Tetapkan Arsip Indarung I Semen Padang sebagai MOWCAP
Semen Padang Lepas Nil Maizar dan Karyawan Calon Jemaah Haji Tahun Ini
Semen Padang Lepas Nil Maizar dan Karyawan Calon Jemaah Haji Tahun Ini
Tim Balai KSDA Sumbar mendatangi Bendungan PLTMH Tango di Pasaman Barat. Kedatangan ini karena adanya informasi dari masyarakat Kajai Selatan
Seekor Tapir Terjebak di Bendungan di Pasbar, BKSDA Sumbar Lakukan Verifikasi di Lokasi