Peringati Hardiknas, SMK Semen Padang Terima Bantuan Perawatan dan Perbaikan Komputer

Peringati Hardiknas, SMK Semen Padang Terima Bantuan Perawatan dan Perbaikan Komputer

PT Semen Padang menyerahkan bantuan perawatan dan perbaikan komputer SMK Semen Padang. (Foto: Dok. SP)

Langgam.id - SMK Semen Padang menerima bantuan senilai Rp17 juta yang terdiri dari 20 memori kapasitas 8 Gb dan 20 Solid State Drive (SSD) berkapasitas 512 Gb, yang diserahkan PT Semen Padang usai Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 yang digelar di Lapangan Upacara Bendera sekolah tersebut.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis mengatakan bahwa bantuan memori dan SSD untuk Laboratorium SMK Semen Padang ini merupakan bagian dari kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan.

PT Semen Padang sebagai anak perusahaan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, senantiasa berkomitmen untuk menjalankan kegiatan TJSL berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kegiatan dari TJSL itu pun, berlandaskan 4 pilar, yaitu ekonomi, sosial, lingkungan, dan tata kelola. "Nah, bantuan berupa memori dan SSD untuk perawatan dan perbaikan komputer di Laboratorium SMK Semen Padang ini merupakan salah satu bentuk nyata pelaksanaan dari pilar sosial," kata Iskandar, Jumat (3/5/2024).

Sementara itu, Staf TJSL Unit CSR PT Semen Padang, Edi Fahrizal menambahkan, bantuan memori dan SSD untuk perawatan dan perbaikan komputer ini dapat menunjang aktivitas belajar dan mengajar di SMK Semen Padang, khususnya dalam kegiatan belajar mengajar berbasis komputer.

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas Laboratorim Komputer SMK Semen Padang yang merupakan sekolah vokasi yang berada di bawah naungan Yayasan Igasar Semen Padang. Kami di Semen Padang, siap mendukung kelancaran proses belajar mengajar di SMK Semen Padang," kata Edi Fahrizal.

Ketua Yayasan Igasar Semen Padang, Abdul Hakim Lubis, mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan perawatan dan perbaikan komputer untuk mendukung kinerja di Laboratorium Komputer SMK Semen Padang.

"Kami atas nama Yayasan Igasar Semen Padang mengucapkan terima kasih kepada manajemen Semen Padang. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitas belajar mengajar berbasis komputer di Laboratorium Komputer SMK Semen Padang," katanya.

PT Semen Padang, sebutnya, telah banyak memberikan bantuan untuk sekolah-sekolah yang ada di bawah naungan Yayasan Igasar Semen Padang. Baik bantuan berupa dana, maupun program seperti beasiswa yang telah dirasakan manfaatnya oleh banyak siswa/siswi, dan program magang bagi alumni SMK Semen Padang.

Kemudian yang lebih membanggakan sekali, kata dia, adalah Program Beasiswa Anak Nagari Semen Padang (BANGSA) tahun 2024 yang berkolaborasi dengan Politeknik Negeri Padang. "Dimana, dari 25 orang yang diterima kuliah di Politeknik Negeri Padang, 10 orang diantaranya merupakan alumni SMK Semen Padang," ujarnya.

Kepala SMK Semen Padang, Gusriadi mengatakan bahwa bantuan ini sangat berarti sekali bagi SMK Semen Padang, berhubung perkembangan teknologi dan kebutuhan di dalam pembelajaran berbasis komputer mewajibkan SMK Semen Padang untuk meningkatkan spesifikasi komputer yang ada di laboratorium komputer.

Alasannya, selain untuk mendukung proses pembelajaran berbasis komputer, SMK Semen Padang setiap tahunnya juga melaksanakan ujian online di sekolah, yaitu Assessment Nasional Berbasis Komputer yang dilakukan setiap tahun di awal Juli untuk siswa kelas XI, dan Asessment Minat Bangkat untuk siswa kelas XII.

"Jadi dengan adanya bantuan ini, komputer di laboratorium kami sudah sangat mumpuni untuk mengakses jaringan internet. Karena, kami mengupgrade Hardisk Drive (HDD) menjadi SSD. Kemudian, memori di komputer yang awalnya 4 Gb, diupgrade ke 12 Gb dengan menambah memori 8 Gb," pungkas Gusriadi.(*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Padang Digitalisasi Manuskrip Undang-undang Era Kolonial Belanda
Padang Digitalisasi Manuskrip Undang-undang Era Kolonial Belanda
Mentan Siapkan Rp10 Miliar untuk Rehab Lahan Rusak Akibat Bencana di Sumbar
Mentan Siapkan Rp10 Miliar untuk Rehab Lahan Rusak Akibat Bencana di Sumbar
Dilantik Jadi Pj Wako Padang, Ini Kekayaan Andree Algamar
Dilantik Jadi Pj Wako Padang, Ini Kekayaan Andree Algamar
Pemkab Tanah Datar merilis data update terkini informasi sementara dampak bencana banjir bandang di kabupaten tersebut.
Total Korban Meninggal Galodo Sumbar Menciut Jadi 61 Orang
Lakukan Pemetaan, BNPB Pantau Sungai Berhulu ke Gunung Marapi
Lakukan Pemetaan, BNPB Pantau Sungai Berhulu ke Gunung Marapi
Launching Pilkada Sumbar 2024, KPU Harapkan Pemilu Berjalan Lancar
Launching Pilkada Sumbar 2024, KPU Harapkan Pemilu Berjalan Lancar