Peringatan Dini Hujan Lebat untuk 11 Daerah di Sumbar

Peringatan Dini Hujan Lebat untuk 11 Daerah di Sumbar

Gambar citra satelit BMKG (bmkg.go.id)

Langgam.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Gofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk 11 kabupaten/kota di Sumatra Barat, Senin (14/1/2019).

Dalam situs resminya, BMKG meminta meWaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai petir, kilat dan angin kencang pada Sore hingga malam hari di sebagian wilayah 11 daerah.

Sebanyak 11 daerah tersebut yakni, Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Batusangkar, Sijunjung, Dharmasraya, KabUpaten Solok, Pesisir Selatan, Padang, Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Dalam peringatan dini cuaca 14-16 Januari, BMKG memperkirakan Sumbar berpotensi hujan lebat pada pada 14 dan 15 Januari.

"Massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, sebagian besar Jawa, NTB, NTT, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bag Utara dan Selatan, dan Papua," tulis Deputi Bidang Meteorologi dalam peringatan tersebut.

Daerah dengan indeks labilitas atmosfer sedang/kuat yaitu di wilayah sebagian besar Sumatera, Banten, Jawa Barat, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. "Terdapat daerah tekanan rendah di perairan Utara Australia dan sirkulasi siklonik di perairan Barat Aceh dan Lampung (level 925/850mb)."

Konvergensi memanjang dari Sumatera Barat hingga Lampung, dari Jawa Tengah hingga perairan Selatan Bali, dari Sulawesi Selatan hingga Maluku dan di Papua.

Belokan angin terdapat di perairan Barat Sumatera, Selatan Jawa, Sumatera bag tengah, Selat Karimata, Kalimantan bag Timur, Sulawesi bag Utara dan Tengah, Maluku, Laut Timor, Papua barat dan perairan Utara Papua. (HM)

Baca Juga

Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Sebanyak 15 kali gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat selama periode 20-26 Oktober 2023. Dari 15 kali tersebut terdapat 1 kali gempa bumi yang dirasakan.
Periode 20-26 Oktober 2023: 15 Gempa Terjadi di Sumbar
Sebanyak 65 kali kejadian gempa bumi terjadi di Sumatra Barat (Sumbar) sepanjang Agustus 2023. Terdapat dua gempa
Sepanjang Agustus 2023, Sumbar Diguncang 65 Kali Gempa Bumi
Sumatra Barat khususnya daerah yang berada di pesisir pantai pada Kamis (13/07/2023) hingga Jumat (14/07/2023) diguyur hujan lebat. Hujan ini
Masuki Puncak Musim Kemarau, Mengapa Sumbar Dilanda Hujan Lebat?
BMKG Kelas II Minangkabau Padang Pariaman menyebut cuaca panas yang melanda Sumatra Barat adalah fenomena biasa. Katanya, fenomena ini
Penjelasan BMKG Terkait Cuaca Panas yang Melanda Sumbar
3 Hal Pemicu Hujan Lebat di Sumbar Menurut BMKG
3 Hal Pemicu Hujan Lebat di Sumbar Menurut BMKG