Percepat Pembangunan Daerah, Pj Wako Payakumbuh Jalin MoU dengan PT Semen Padang

Langgam.id - Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda bersama Pemerintah Kota se-Sumatera Barat melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Semen Padang.

Hal itu dilakukan dalam rangka mempercepat pembangunan daerah, pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan sosial budaya.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh 7 Wali Kota di Sumatra Barat dengan Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa di Wisma Indarung Semen Padang, Selasa (25/10).

Hadir pada kesempatan itu Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, Direktur Keuangan PT Semen Padang Oktoweri, Direktur Operasi, Indrieffouny Indra, Komisaris, Khairul Jasmi, Komisaris, Werry Darta Taifur, Vice President Corsales PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, Rahmat Faisal, para staf pimpinan PT Semen Padang serta para Wali Kota se-Sumatra Barat atau yang mewakili.

Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa menekankan bahwa PT Semen Padang berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah khususnya di Sumatra Barat.

“Hal ini dapat terwujud tentunya dengan dukungan serta sinergi dengan Gubernur, dan Bupati selaku pimpinan/pejabat pemerintah daerah,” kata Asri.

Ia menyatakan bahwa PT Semen Padang dan Pemerintah Daerah memiliki kedekatan emosional sejak dahulu.

Dengan kesamaan visi, kata Asri, tidak hanya untuk percepatan pembangunan daerah. Namun juga dalam hal pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan sosial budaya di Sumatera Barat.

Saat ini, lanjutnya, program sinergi dan kolaborasi yang sedang berlangsung dari Semen Padang dengan pemerintah daerah seperti, penanaman kaliandra (pemberdayaan masyarakat), Nabuang Sarok (peduli lingkungan) dan workshop.

Dalam menanggapi MoU ini, Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyampaikan harapannya terkait adanya kerjasama yang disepakati. Program-program yang ada di PT Semen Padang dinilai sangat bermanfaat dalam mendukung pembangunan di daerah, terutama bagi Kota Payakumbuh yang saat ini sudah di branding dengan city of randang.

"Kita berharap adanya pembinaan-pembinaan yang terus berlanjut dari PT Semen Padang. Apalagi Kota Payakumbuh banyak memiliki UMKM yang membutuhkan pembinaan, sehingga UMKM yang skopnya masih kecil bisa berkembang lebih baik lagi", kata Rida

Ia juga menyampaikan bahwa setelah adanya kerja sama dengan pemerintah daerah, diharapkan kerjasama tersebut bisa berlanjut sampai ke OPD yang akan menjadi pelaksana di daerah masing-masing.

"Kami juga membawa Dinas lingkungan hidup dan Pariwisata, harapannya kerja sama ini bisa berlanjut ke bawah dan berdampak terhadap pembangunan di daerah, terutama di Kota Payakumbuh," bebernya.

Baca Juga

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman menerima penghargaan Baznas Awards 2024 yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta
Pj Wako Payakumbuh Terima Penghargaan Baznas Award 2024
Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman pimpin apel pagi bersama di Perumda (Perusahaan Umum Daerah) Tirta Sago pada Selasa (13/2/2024).
Pimpin Apel Pagi di Perumda Tirta Sago, Ini Pesan Pj Wako Payakumbuh
Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka sosialisasi tahapan kampanye Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh KPU
Jasman Hadiri Tabligh Akbar dalam Rangka Sosialisasi Tahapan Kampanye Pemilu 2024
Kecamatan Latina menjadi kecamatan pertama di Kota Payakumbuh yang melaksanakan Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang)
Buka Musrenbang Latina, Pj Wako Payakumbuh: Setiap Usulan Harus Berbasis Data
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman mengukuhkan Rida Ananda sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Payakumbuh. Kegiatan ini dilaksanakan
Rida Ananda Dikukuhkan Sebagai Sekda Payakumbuh
Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Lasta Jasman yang didampingi tim TP-PKK monev terhadap kelompok Dasawisma yang menerima bantuan bibit tanaman.
Ketua TP-PKK Payakumbuh Lakukan Monev Dasawisma Penerima Bantuan Bibit Tanaman