Perayaan Imlek di Kelenteng See Hin Kiong Padang Tiadakan Cap Go Meh dan Pasar Malam

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Persiapan perayaan Imlek 2022 di Kelenteng See Hin Kiong telah rampung.

Suasana Kelenteng See Hin Kiong jelang perayaan Imlek pada 1 Februari 2022 besok. [foto: Nandito Putra]

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Persiapan perayaan tahun baru Imlek 2022 di Kelenteng See Hin Kiong, Kota Padang, telah rampung.

Langgam.id - Persiapan perayaan tahun baru Imlek 2022 yang jatuh pada 1 Februari besok, di Kelenteng See Hin Kiong, Kampung Pondok, Kota Padang, telah rampung.

Ratusan lampion berwarna merah dan lilin telah terpasang rapi di halaman kelenteng yang berdiri sejak tahun 1814 itu.

Kampung Pondok berada di Kecamatan Padang Barat atau disebut juga dengan Kampung Cina, merupakan kawasan yang dihuni oleh mayoritas orang Tionghoa.

Kawasan ini merupakan pusat komunitas Tionghoa terbesar di Sumatra Barat.

Sementara itu, pada bagian dalam bangunan kelenteng, terlihat petugas tengah menata peralatan untuk peribadatan.

"Untuk persiapan, kita sudah selesai. Arca-arca sudah dibersihkan dan tinggal menata sedikit-sedikit," kata Ketua Pengurus Kelenteng See Hin Kiong, David Chandra, kepada langgam.id, Senin (31/1/2022).

David menyebut, awalnya perayaan Imlek 2022 di Kota Padang akan dimeriahkan dengan sejumlah festival seperti Cap Go Meh dan pasar malam imlek.

Namun niat itu terangnya, urung dilaksanakan lantaran adanya penyebaran covid-19 varian Omicron.

"Tahun ini akan sederhana saja karena kita menghindari keramaian," kata David.

Sementara itu, untuk kegiatan peribadatan, pengurus kelenteng juga telah mengantisipasi agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Kelenteng ini dibuka dari jam lima pagi sampai pukul 20.00, jadi yang datang beribadah bisa punya waktu mau sembahyang jam berapa," kata David.

"Pastinya, prokes tetap kita terapkan dengan baik," tambahnya.

Karena dirancang supaya tidak menimbulkan keramaian, David menyebut tidak akan ada pengamanan khusus di kawasan kelenteng.

"Kita belum minta pengamanan dari kepolisian karena tidak akan ada keramaian," tegasnya.

Baca juga: Sambut Perayaan Imlek 2021, Puluhan Lilin Hiasi Kelenteng See Hin Kiong Padang

Di tahun baru Imlek 2022 yang merupakan Tahun Macan Air berdasarkan perhitungan kalender Cina, David berharap agar pandemi covid-19 segera berakhir dan kehidupan bisa kembali berjalan normal.

"Semoga covid-19 ini cepat berlalu dan tidak berlari-larut, sehingga perekonomian kita kembali membaik," pungkasnya. [Dito]

Dapatkan update berita Padang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh
Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta