Perantau Minang Bakal Bangun Asrama Mahasiswa di Semarang

Perantau Minang Bakal Bangun Asrama Mahasiswa di Semarang

Ramah tamah Gubernur Sumbar Mahyeldi dengan Ikatan Keluarga Minangkabau Semarang (IKMS). [Mc Prov Sumbar]

Berita terbaru dan terkini hari ini: Perantau Minang Bakal Bangun Asrama Mahasiswa di Semarang.

Langgam.id - Perantau Minang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minangkabau Semarang (IKMS) bakal membangun asrama mahasiswa asal Sumbar di Semarang. Ribuan perantau dan mahasiswa di sana layak memiliki rumah bersama.

Ketua IKMS Amrul mengatakan, jumlah mahasiswa dan perantau asal perantau Sumbar di Semarang cukup banyak. Angkanya mencapai 1200 orang.

Catatan IKMS, tiap tahun, lebih dari 300 mahasiswa Minangkabau datang ke Semarang. Gayung bersambut dengan rencana IKMS, saat ini telah ada anggota IKMS yang berbesar hati mewakafkan tanah untuk membangun asrama.

"Mereka layak dibuatkan asrama sebagai rumah bagi para mahasiswa," kata Amrul saat ramah tamah dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Gubernur yang melaksanakan kunjungan kerja dengan sembilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemrov Sumbar pun menyambut baik rencana IKMS. Gubernur mengakui jumlah orang Minang di rantau mencapai dua kali lipat masyarakat yang berdomisili di Sumbar.

Menurutnya, menjaga hubungan erat sangat penting bagi perantau yang tersebar di seluruh Indonesia. Keberadaan asrama tentu saja akan mempermudah hubungan baik itu.

Salah satu tujuan kunjungan kerja, lanjutnya, juga bertujuan mempererat hubungan antara pemerintah daerah, komunitas perantau dan pemerintah daerah lain. Potensi perantau disadari sangat besar dalam berbagai bidang.

"Jadi perlu kita jaga hubungan yang erat. Kita jembatani masyarakat Minangkabau di seluruh dunia dengan daerah-daerah di Indonesia," kata Gubernur dalam situs resminya.

Gubernur Mahyeldi memberikan masukan dan prosedur yang dapat ditempuh oleh IKMS untuk mewujudkan keinginan membangun asrama. Termasuk, memberi saran cara perantau memperoleh bantuan dari pemerintah daerah.

Baca juga: Mahyeldi Bertemu IKM Papua Bangun Sinergi Ranah dan Rantau

Dia mengaku sangat mendukung rencana pendirian asrama bagi mahasiswa asal Sumbar. Keberadaan asrama diharapkan akan memperkuat ikatan kekeluargaan sesama perantau.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Baliho Audy Joinaldy Bakal Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) mulai muncul di sejumlah titik jalanan di Kota Padang. Baliho itu memakai
Usai Mahyeldi dan Vasco Duet, Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar
PSU DPD RI, Gubernur Mahyeldi Salurkan Hak Pilih di TPS 12 Jati Baru
PSU DPD RI, Gubernur Mahyeldi Salurkan Hak Pilih di TPS 12 Jati Baru
Partai Gerindra dan PKS akhirnya resmi mengusung pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy pada Pilgub Sumbar 2024 nanti.
Andre Rosiade: Mahyeldi-Vasko Tepat untuk Sumbar dan Akan Memenangkan Pilkada
Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar, Andre Rosiade mengatakan, setelah deklarasi Partai Gerindra dan PKS
PKS dan Gerindra Resmi Usung Mahyeldi-Vasko di Pilgub Sumbar 2024
Mahyeldi Lepas 3 Pejabat Purna Tugas di Pemprov Sumbar
Mahyeldi Lepas 3 Pejabat Purna Tugas di Pemprov Sumbar
Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang
Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang