Penjelasan BMKG Padang Panjang Soal Gempa Magnitudo 4,7 di Pesisir Selatan

ILUSTRASI BMKG PADANG PANJANG

Ilustrasi (Foto: BMKG Padang Panjang)

Langgam.id - Gempa bumi Tektonik kembali mengguncang wilayah Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar), Senin (9/3/2020).

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 23:02:32 WIB dengan magnitudo 4,7.

Koordinat gempa terletak pada 1.73 Lintang Selatan (LS) dan 100.30 Bujur Timur (BT) atau diperkirakan 52 kilometer Barat Daya Pesisir Selatan, Sumbar.

Catatan BMKG, gempa bumi tersebut dengan kedalaman 21 kilometer.

Berdasarkan rilis BMKG yang diterima Langgam.id, dari laporan masyarakat, gempa bumi dirasakan di Kota Padang dan Pesisir Selatan dalam skala intensitas III MMI.

Lalu, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, menurut BMKG, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Mentawai.

"Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Laporan masyarakat, getaran dirasakan seolah-olah ada truk lewat," ujar Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang, Irwan Slamet, Senin (9/3/2020).

Hasil monitoring BMKG, hingga pukul 23.40 WIB, tidak ada menunjukkan adanya gempa susulan.

"Kita mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Irwan.

Diketahui sebelumnya, gempa juga dirasakan hingga ke Kerinci, Provinsi Jambi.

Seorang Bidan Puskesmas Kersik Tuo, Kerinci Provinsi Jambi, Amalia Anggarwati menyebutkan gempa yang dirasakan cukup kuat. “Iya cukup kuat, pas gempa rasanya seperti pusing,” ujarnya, Senin (9/3/2020).

Sementara itu, di Kabupaten Pesisir Selatan, gempa dirasakan sangat keras, bahkan atap rumah berbunyi cukup keras saat gempa terjadi. (*/ZE)

Tag:

Baca Juga

Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Sesar Sianok Aktif, Gempa M4.0 Guncang Padang Panjang
Sesar Sianok Aktif, Gempa M4.0 Guncang Padang Panjang
Patahan Sumatra, Bahaya Tersembunyi di Pulau Sumatra
Patahan Sumatra, Bahaya Tersembunyi di Pulau Sumatra
Memahami Keberadaan Lokasi Pusat Gempa dari Informasi  Gempa
Memahami Keberadaan Lokasi Pusat Gempa dari Informasi  Gempa
Menilik Deklarasi Padang, Konferensi Internasional Mengenai Ancaman Gempa di Sumatra
Menilik Deklarasi Padang, Konferensi Internasional Mengenai Ancaman Gempa di Sumatra