Pengamanan Lebaran, Polda Sumbar Kerahkan 4 Ribu Personel

Pengamanan Lebaran, Polda Sumbar Kerahkan 4 Ribu Personel

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal saat memberi amanat dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2019. (Foto: Humas Polda Sumbar)

Langgam.id - Polda Sumatra Barat menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2019 di Lapangan Imam Bonjol Padang, Selasa, (28/5/2019). Operasi akan dilakukan sejak tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2019.

Apel gelar pasukan untuk meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pada perayaan Idul Fitri 1440 H. Diantara instansi yang hadir TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, dan PMI.

Apel dipimpin oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal sebagai inspektur upacara. Dalam apel, Kapolda menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada seluruh peserta apel. Kapolda juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan seluruh personil beserta perlengkapannya.

Fakhrizal mengatakan Polda Sumbar telah mempersiapkan 67 pos pengamanan, 34 pos pelayanan, dan 4 pos terpadu. Total 105 pos.

"Ini menyebar di seluruh wilayah Sumatra Barat. Dua per tiga kekuatan kita diturunkan, kurang lebih kalau seluruh jajaran 4 ribu personel," kata Fakhrizal.

Berdasar pengalaman pada lebaran tahun sebelumnya, Polda memprioritaskan kelancaran arus mudik, terutama jalur Padang ke Bukittinggi, Bukittingi ke Payakumbuh, Padang ke Pesisir Selatan, dan sekitarnya.

"Prioritas kita untuk kemacetan ya. Kalau untuk gangguan kriminalitas, tentunya kita antisipasi rumah-rumah yang ditinggal mudik oleh penghuninya, itu yang kita antisipasi sesuai SOP," katanya.

Sedangkan gangguan keamanan lainnya seperti terorisme tetap diantisipasi walau daerah Sumatra Barat sebetulnya kondusif. "Kita tidak boleh lengah, kita tetap waspada,"tuturnya. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar menggelar Apel Pergeseran Pasukan Personel Polri BKO Pengamanan TPS Pemilu 2024
Amankan TPS, Ini Tantangan Tugas yang Akan Dihadapi Personel Polda Sumbar di Lapangan
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengatakan, bahwa Satgas Gabungan Operasi Mantap Brata (OMB) Singgalang 2023-2024
Satgas OMB Singgalang Makin Perketat Pengamanan Objek Pemilu 2024
Polda Sumbar melaksanakan upacara serah terima jabatan (sertijab) beberapa Pejabat Utama (PJU) dan Kapolres di jajaran Kepolisian Daerah
Kapolda Sumbar Pimpin Sertijab 4 Pejabat Utama dan 6 Kapolres
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengatakan bahwa terjadi peningkatan angka penyelesaian kasus kriminal selama 2023. Termasuk tindak pidana
Kapolda Sumbar: Penyelesaian Kasus Kriminal Meningkat di 2023
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengatakan, bahwa pihaknya telah memberikan sejulah reward dan punishment kepada personelnya selama 2023.
8 Personel Polda Sumbar Diberhentikan Tidak dengan Hormat Selama 2023
Pembentukan Karakter dan Mental, Pramuka Saka Bhayangkara Polda Sumbar Ikuti Perkemahan Akhir Tahun
Pembentukan Karakter dan Mental, Pramuka Saka Bhayangkara Polda Sumbar Ikuti Perkemahan Akhir Tahun