Penerimaan Mahasiswa Baru 2019, Unand Buka Jalur Seleksi Mandiri

Program Studi Ilmu Biomedis

Gerbang kampus Unand di kawasan Limau Manih Kota Padang. (SRP)

Langgam.id- Universitas Andalas (Unand) membuka jalur seleksi mandiri pada penerimaan mahasiswa baru 2019. Pendaftaran sudah dibuka sejak 1 Mei hingga 16 Juli 2019.

"Kuota maksimal yang disediakan untuk seleksi jalur mandiri adalah 30 persen dari total mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN)," ujar Rektor Unand Tafdil Husni, Rabu (8/5).

Pendaftaran jalur mandiri atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN)-Barat 2019 Unand ini, melalui laman http://smmptnbarat.id/.

Tafdil yang juga sekretaris Panitia SMM PTN-Barat 2019 mengatakan, jalur seleksi mandiri ini, merupakan upaya untuk menjaring mahasiswa yang belum lulus pada seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN

Kata dia, seleksi jalur mandiri ini diselenggarakan bersama perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN-Barat). Seleksi bersama ini menguntungkan calon mahasiswa, terutama dari sisi biaya dan waktu.

Para peserta juga bisa memilih program studi yang berada di perguruan tinggi di luar daerah domisilinya. Sesuai yang diminatinya.

“Sebelum ada sistem seleksi ini, Seleksi Mandiri PTN- Barat bersifat lokal, masing-masing PTN mengadakan seleksi mandiri sendiri. Jadi tidak efisiensi dan tidak menguntungkan calon mahasiswa karena tidak dapat memilih perguruan tinggi lain," ujarnya.

Penyelenggaraan seleksi dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis, atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-Barat.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Andalas Syafwardi menyebutkan SMM PTN-Barat diikuti sebanyak 15 PTN yaitu, Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (UNILA) dan Universitas Bengkulu (UNIB).

Kemudian, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (UNIMAL), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Juga Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Universitas Samudra (UNSAM).

Kata dia, informasi detailnya tentang ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website https://pmb.unand.ac.id/index.php/informasi-lengkap-smmptn-barat-tahun-2019. (A)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Konsulat Amerika Serikat Diplomasi Budaya Lewat The Beatbox House di Unand
Konsulat Amerika Serikat Diplomasi Budaya Lewat The Beatbox House di Unand
Pemko Siap Bantu Mahasiswa Unand Kurang Mampu Asal Pariaman yang Tak Lolos KIP
Pemko Siap Bantu Mahasiswa Unand Kurang Mampu Asal Pariaman yang Tak Lolos KIP
Awal 2023, Unand Lepas 1.210 Wisudawan
Awal 2023, Unand Lepas 1.210 Wisudawan
Langgam.id - Universitas Andalas (Unand) mengeklaim telah memberhentikan sementara oknum dosen yang diduga pelaku kekerasan seksual.
Sudah Diberhentikan Jadi Dosen, Terduga Pelaku Pelecehan Seksual Masih Berkeliaran di Unand
Kakek di Padang Cabuli Gadis Hingga Hamil
Oknum Dosen Diduga Lecehkan Mahasiswi, Satgas PPKS Unand Sebut Laporan Sedang Diproses
Jurusan Ilmu Komunikasi Unand Gelar Diskusi dengan UKM Genta Andalas
Jurusan Ilmu Komunikasi Unand Gelar Diskusi dengan UKM Genta Andalas