Pendaftaran Kompetisi Ide Bisnis AIBRHUB Award Akan Ditutup Hari Ini

Menanggapi Wabah Virus Corona

Pakar Pariwisata Unand, Sari Lenggogeni (Foto: Arsip Pribadi Sari Lenggogeni)

Langgam.id - Pengiriman bahan lomba video dan paper dalam kompetisi ide bisnis AIBRHUB Award akan ditutup pada hari ini, Senin (5/12/2022). Lomba ini diselenggarakan oleh Australia Indonesia Business Resilience HUB (AIBRHUB) yang bekerja sama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatra Barat (Sumbar).

Director of AIBRHUB for Indonesia Universitas Andalas, Sari Lenggogeni mengatakan, kompetisi ide bisnis merupakan inisiatif dari AIBRHUB. Tema inti meliputi ketahanan, inovasi dan keberlanjutan.

"Yang semuanya sangat penting untuk pembangunan kembali industri pariwisata pasca covid-19. Pengajuan akan ditinjau oleh panel juri yang berpengalaman dari Australia dan Indonesia," ujar Lenggogeni, Senin (5/12/2022).

Ia menyebutkan, kompetisi ini bertujuan untuk mengenali dan memanfaatkan ide-ide cemerlang untuk pengembangan usaha pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia. Kemudian, mendorong perencanaan dan pengembangan kreatifitas di kalangan usaha pariwisata.

"Mempromosikan bisnis serta peluang untuk mendapatkan jaringan baru," jelasnya.

Lenggogeni mengungkapkan, kompetisi ini adalah kesempatan berharga bagi pemilik usaha untuk menerima umpan balik (saran) konstruktif dari pakar pariwisata, yang dapat membantu menyempurnakan dan meningkatkan ide bisnis.

"Pemenang kompetisi akan diundang untuk mengikuti program bimbingan eksklusif dengan pakar pariwisata dari Australia dan Indonesia. Ini akan membantu memperluas jaringan internasional," katanya.

Lomba ini meliputi video pendek berupa Reels Instagram atau Tiktok dengan durasi 1-2 menit. Video di-posting di Instagram dengan tag akun @aibrhub dan @bppdsumbar. Selain itu peserta juga harus membuat hashtag #AIBRHUB #BPPDSUMBAR #VBWS2023.

Sementara untuk tulisan paper format tulisan maksimal memuat 2000 kata, foto dan video pelengkap sangat dianjurkan. Adapun tema video dan tulisan paper di antaranya Inovasi, digitalisasi dan keberlanjutan. Peserta bisa memilih salah satu tema.

Lenggogeni mengatakan, untuk enam finalis akan mendapatkan hadiah uang tunai dan trophy. Tiga peserta terpilih akan mendapatkan exclusive mentorship oleh pakar dari Australia dan Indonesia

"Akan dipilih tiga peserta dengan view dan like video terbanyak. Enam finalis akan diundang pada acara puncak di Convention Hall Universitas Andalas pada 9 Desember 2022," tuturnya. (*/SS)

Baca Juga

World Islamic Entrepreneurs Summit di Sumbar
10 Negara Dijadwalkan Hadiri World Islamic Entrepreneurs Summit di Sumbar
Mengenal Lebih Dekat Sari Lenggogeni, Srikandi Promosi Pariwisata Sumbar
Mengenal Lebih Dekat Sari Lenggogeni, Srikandi Promosi Pariwisata Sumbar
Masih Mandek di Km 31-33, HK Minta Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Dipercepat
Masih Mandek di Km 31-33, HK Minta Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Dipercepat
Webometrics mengeluarkan daftar universitas terbaik di Indonesia untuk edisi Juli 2023. Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi
UNAND Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT Tahun Ini
Semen Padang Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir Bandang di Agam
Semen Padang Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir Bandang di Agam
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak