Pemko Payakumbuh Usulkan 800 UKM untuk Dapatkan Bantuan Modal Usaha dari Presiden

Modal Usaha dari Presiden

Sejumlah pelaku usaha memasukkan datanya ke Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh agar bisa mendapatkan modal usaha dari Presiden Indonesia (Foto: Humas Pemko Payakumbuh)

Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh telah mengusulkan sebanyak 800 Usaha Mikro Kecil (UKM) ke pemerintah pusat untuk mendapatkan modal usaha yang merupakan bantuan dari Presiden Indonesia senilai Rp600 ribu per bulan.

Hal itu dibenarkan langsung Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Dahler. "Kami telah menerima bahan atau data pelaku usaha mikro dan kecil ini dari beberapa minggu lalu dengan total hingga saat ini kurang lebih ada 1.000 yang telah memasukkan bahannya. Namun, baru 800 data atau usulan yang telah kami input untuk diusulkan ke pusat," ujarnya dikutip dari situs resmi milik Pemko Payakumbuh, berita.payakumbuhkota.go.id, Selasa (1/9).

Menurut Dahler, data-data tersebut akan diverifikasi langsung oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

"Beberapa syarat atau pelaku usaha yang diutamakan itu tentunya yang telah mempunyai izin usaha, setidak-tidaknya itu izin atau bukti usaha dari kelurahan. Tapi, bagaimanapun keputusan finalnya ada di pemerintah pusat," ungkapnya.

Baca Juga: 9,1 Juta Pengusaha Kecil dan Mikro Bakal Ketiban Modal Kerja Darurat

Sementara itu, Kabid Koperasi dan UKM, M. Faisal mengatakan, pelaku usaha yang tidak dapat menerima bantuan presiden untuk usaha mikro ini adalah pelaku usaha yang merupakan PNS, anggota TNI atau Polri dan karyawan serta pegawai BUMN.

“Selain itu, masyarakat yang sedang menerima program KUR juga tidak bisa, mereka tidak masuk dalam syarat untuk menerima bantuan modal usaha dari presiden,” ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa bantuan modal usaha dari presiden tidak ada batasan. "Yang merasa layak, silahkan usulkan, jumlah penerima bantuan ini tidak ada batasan," katanya. (*/ZE)

Baca Juga

Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh