Pemko Payakumbuh Terus Berupaya Atasi Tumpukan Sampah di Sejumlah Titik

InfoLanggam - Pemko Payakumbuh terus berupaya mengatasi tumpukan sampah yang berserakan liar di beberapa titik di Kota Payakumbuh.

Salah satunya, laporan dari masyarakat terkait tumpukan sampah yang mengular di sepanjang Jalan Rangkayo Rasuna Said atau tepatnya di depan Kampus UNAND Payakumbuh.

“Saya sudah perintahkan dinas terkait untuk segera menanggapi laporan masyarakat baik melalui medsos ataupun langsung ke handphone saya,” kata Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman, Sabtu (16/3/2024).

“Kita minta masyarakat untuk bersabar dan membantu pemerintah mengatasi masalah ini dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Kemudian, Jasman tidak bosan mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah di rumah menjadi tiga jenis. Yaitu sampah organik, sampah anorganik yang bernilai, dan sampah lainnya atau residu.

“Kami mengimbau dan mengajak masyarakat kiranya berkenan membantu mengurangi sampah dan jangan buang sampah sembarangan. Lakukanlah pemilahan sampah dengan baik. Selanjutnya melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos dengan membuat lubang atau menggunakan komposter sederhana. Sampah anorganik yang masih bernilai disalurkan ke bank sampah atau lapak barang bekas,” ucapnya.

Terkait dengan dugaan banyaknya sampah “impor” dari luar Kota Payakumbuh, Jasman telah menegaskan bahwa akan diadakan piket dan patroli sampah di beberapa titik yang berpotensi terjadi pembuangan sampah dari daerah tetangga.

“Benar ada indikasi dugaan sampah yang dibuang ke Kota Payakumbuh berasal dari daerah tetangga dan itu pernah ditemukan oleh warga. Biasanya sampah impor tersebut dibuang di atas pukul 12 malam. Dibuang bukan hanya sekantong dua kantong, tetapi saat ditemukan dulu ada yang pakai kendaraan," bebernya.

"Kita berharap kalau ada lagi kejadian seperti ini, tolong laporkan segera kepada kita. Makanya sekarang saya minta Pol PP dan masyarakat Kelurahan kiranya piket dan ronda bersama menjaga jangan sampai ada sampah titipan lagi dibuang ke Kota Payakumbuh,” ungkap Jasman.

Saat di konfirmasi ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh, Desmon Korima mengatakan, saat ini pihaknya bersama Kecamatan Payakumbuh Timur tengah melakukan pembersihan tumpukan sampah tersebut.

“Iya, saat ini tenaga kebersihan kita sudah di lokasi membersihkan tumpukan sampah. Namun saat ini armada pengangkut sampah kita masih dalam perjalan dari Padang ke Payakumbuh,” ucapnya.

Desmon menyebut, pihaknya akan terus berupaya mengatasi masalah darurat sampah di Payakumbuh sampai situasi tersebut kembali normal seperti sedia kala.

“Walau Pemprov Sumbar sudah memberikan lampu hijau untuk penggunaan TPA Regional Payakumbuh, tapi saat ini kita tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk proses pembuangan sampah ke sana,” tuturnya. (*)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan
Pemko Payakumbuh Raih Opini WTP ke-10 Berturut-turut
Dinas Koperasi dan UKM Payakumbuh menggelar pasar murah, Kamis (14/4/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh.
Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Kembali Gelar Pasar Murah
Pemko Payakumbuh kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pelataran Parkir Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (1/4/2024).
Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Gelar Gerakan Pangan Murah
Baznas Payakumbuh menyerahkan bantuan kepada 62 orang dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan non-ASN di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.
62 Tenaga Pendidik dan Kependidikan Non-ASN Payakumbuh Terima Bantuan dari Baznas
Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman melakukan monitoring pengawasan obat dan makanan ke Pasar Pabukoan Jalan Soetan Usman Payakumbuh
Monitoring Pasa Pabukoan Bersama BPOM, Jasman: Makanan yang Dijual Aman Dikonsumsi
Tim Safari Ramadan (TSR) Kota Payakumbuh menyerahkan total bantuan sebesar Rp325 juta pada bulan Ramadan 1445 H yang terbagi ke dalam 7
Tim Safari Ramadan Kota Payakumbuh Serahkan Total Bantuan Rp325 Juta