Pemko Payakumbuh Serahkan Dana Hibah ke KPU Rp13,8 M dan Bawaslu Rp5,2 M

Pemko Payakumbuh melaksanakan kegiatan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payambuh

Kegiatan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NAHD) Pemilihan Wali Kota dan Wawako Payakumbuh Tahun 2024. [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id - Pemko Payakumbuh melaksanakan kegiatan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payambuh Tahun 2024, Jumat (10/11/2023).

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman mengatakan sebelum penetapan dana hibah, Pemko Payakumbuh telah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Kota Payakumbuh untuk membahas kebutuhan anggaran kegiatan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh tahun 2024.

"Setelah dilaksanakan beberapa kali rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Payakumbuh. Maka dicapailah kesepakatan jumlah hibah untuk KPU Kota Payakumbuh sebesar Rp13,8 miliar dan untuk Bawaslu sebesar Rp5,2 miliar dan hari ini kita tandatangani bersama naskah perjanjian hibahnya," ujarnya.

Jasman menyebutkan, sesuai regulasi yang berlaku, dari anggaran tersebut, akan dipenuhi 40 persen di anggaran APBD perubahan tahun 2023 dan 60 persen sisanya di anggaran APBD tahun 2024.

"Dapat kami sampaikan bahwa anggaran tersebut sudah tersedia di DPA Kantor Kesbangpol selaku OPD pengelola dan dapat segera dicairkan setelah dokumen administrasi pencairan lengkap sesuai aturan yang berlaku," ucapnya.

Jasman meminta pimpinan partai politik selaku peserta pemilu, KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara dengan seluruh jajaran hingga di kecamatan dan kelurahan, Polri, TNI sebagai pengawal pengamanan pemilu untuk dapat terus menjaga kekompakan dan solid mewujudkan pemilu badunsanak di Kota Payakumbuh.

"Termasuk juga kepada ASN kita, hati-hati dalam bermedia sosial jangan sampai terlibat keberpihakan kepada salah satu calon apalagi sampai mengkampanyekan salah satu calon," ujarnya.

Kepala Kantor Kesbangpol Dipa Surya Persada mengatakan bahwa pembahasan besaran nilai hibah telah mempertimbangkan segala keterbatasan keuangan daerah Kota payakumbuh.

"Serta diluar biaya tahapan yang dibiayai dari cost sharing pembiayaan bersama kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatra Barat tahun 2024," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Payakumbuh Wizri Yasir dan Bawaslu Kota Payakumbuh Rio Gustrinanda mengapresiasi Pemko Payakumbuh yang memiliki semangat dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada. (*)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan
Pemko Payakumbuh Raih Opini WTP ke-10 Berturut-turut
Dinas Koperasi dan UKM Payakumbuh menggelar pasar murah, Kamis (14/4/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh.
Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Kembali Gelar Pasar Murah
Pemko Payakumbuh kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pelataran Parkir Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (1/4/2024).
Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Gelar Gerakan Pangan Murah
Baznas Payakumbuh menyerahkan bantuan kepada 62 orang dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan non-ASN di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.
62 Tenaga Pendidik dan Kependidikan Non-ASN Payakumbuh Terima Bantuan dari Baznas
Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman melakukan monitoring pengawasan obat dan makanan ke Pasar Pabukoan Jalan Soetan Usman Payakumbuh
Monitoring Pasa Pabukoan Bersama BPOM, Jasman: Makanan yang Dijual Aman Dikonsumsi
Tim Safari Ramadan (TSR) Kota Payakumbuh menyerahkan total bantuan sebesar Rp325 juta pada bulan Ramadan 1445 H yang terbagi ke dalam 7
Tim Safari Ramadan Kota Payakumbuh Serahkan Total Bantuan Rp325 Juta