Pemko Payakumbuh Salurkan 1.300 Paket Sembako dan BLT Usaha Mikro

Pemko Payakumbuh Salurkan 1.300 Paket Sembako dan BLT Usaha Mikro

Penyerahan paket sembako dan BLT secara simbolis oleh Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda. [Foto: Humas]

Langgam.id - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyerahkan secara simbolis bantuan sosial pangan kepada masyarakat di lima kecamatan, Senin (5/12/2022). Ada 1.300 paket sembako dan 1.000 bantuan tunai (BLT) yang dibagikan.

Rida Ananda mengatakan, Pemko Payakumbuh telah mengalokasikan 2 persen dari dana alokasi umum pada APBD untuk menangani persoalan ekonomi ekstrem yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dana ditempatkan di tiga organisasi perangkat daerah (OPD).

"Pemerintah Kota Payakumbuh mengalokasikannya di tiga OPD. Yaitu, di dinas sosial, dinas koperasi dan UKM, serta dinas perhubungan," katanya.

Penempatan anggaran disesuaikan dengan warga yang menerima bantuan. Sebab bantuan diserahkan untuk warga kurang mampu, pelaku usaha mikro dan pelaku transportasi.

Bantuan sembako merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meringankan beban kebutuhan sehari-hari masyarakat. Mengingat saat ini, hemattnya, Indonesia termasuk negara yang terkena dampak inflasi.

"Semoga bermanfaat. Dapat meringankan beban masyarakat penerima bantuan," katanya didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Payakumbuh M. Faizal, Kabag Perekonomian Arif Siswandi, serta para camat.

M. Faizal menjelaskan, bantuan sosial yang disalurkan berupa 1.300 paket sembako senilai Rp 150 ribu. Kemudian 1.000 BLT senilai Rp 600 ribu kepada pelaku usaha mikro.

"Nanti akan disalurkan melalui 5 kecamatan untuk warga di 47 kelurahan se Kota Payakumbuh," katanya.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemko Payakumbuh Siapkan 35 Ribu Bibit Cabe Siap Tanam

Menurutnya, kenaikan harga BBM, gas, dan listrik membuat masyarakat dan usaha mikro terdampak. Bantuan yang disalurkan wujud kehadiran pemerintah saat kondisi cukup sulit. (Fahmi Adnan)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menghadiri undangan jamuan makan malam pada peringatan tahun baru Imlek 2574 bersama Komunitas HBT
Pj Wako Payakumbuh Hadiri Peringatan Tahun Baru Imlek Bersama Komunitas HBT
Peresmian Posko UPP Saber Pungli sekaligus launching aplikasi pengaduan masyarakat Whistle Blower Sistem (WBS) dilaksanakan di MPP Payakumbuh
Cegah Pungutan Liar, Posko UPP Saber Pungli Kini Hadir di MPP Payakumbuh
Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh matangkan persiapan guna memaksimalkan zonasi jelang PPDB tahun pelajaran 2023/2024 jenjang SD dan SMP.
Disdik Payakumbuh Matangkan Persiapan Jelang PPDB SD dan SMP
Sebanyak 141 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Payakumbuh dilantik oleh Ketua KPU Kota Payakumbuh di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi
Lantik 141 PPS se-Payakumbuh, Ketua KPU: Buktikan Kalau Kita Layak Sebagai penyelenggara
Rombongan Universitas Negeri Padang (UN) mengunjungi Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, Sabtu (28/1/2023).
Bahas Kelanjutan MoU dengan Pemko Payakumbuh, PSDKU UNP Akan Segera Beroperasi
Pj. Wali Kota Payakumbuh rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Ruang Randang Balai Kota Payakumbuh, Jumat (27/1/2023). Hal ini menindaklanjuti arahan presiden terkait langkah strategis pengendalian inflasi di daerah.
Pemko Payakumbuh Siapkan Langkah Strategis Atasi Inflasi Daerah