Pemko Payakumbuh Ikuti Penilaian Kinerja Stunting 2023 di Bappeda Sumbar

InfoLanggam - Pemko Payakumbuh bersama 18 kabupaten/kota se Sumatera Barat (Sumbar) ikuti Penilaian Kinerja Stunting Tahun 2023 di Aula Bappeda Sumbar, Kamis (6/6/2024).

Saat penilaian itu, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda menjawab pertanyaan tim penilai dengan apik terhadap laporan Kinerja Penangan Stunting di Kota Payakumbuh.

"Kita (Pemko Payakumbuh - red) komit untuk penanganan stunting ini," kata Sekda Rida Ananda yang juga ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Payakumbuh.

Sekda Rida Ananda turut didampingi Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal, Kepala Dinas Kesehatan Wawan Sofianto, Kepala Dinas Sosial Irwan Suwandi, Kepala Dinas DP3AP2KB Agustion, Kepala Dinas Pendidikan Dasril dan OPD terkait.

Rida mengatakan, untuk menurunkan angka stunting tersebut, TPPS Kota Payakumbuh telah melahirkan berbagai inovasi. Seperti Gerakan Serentak Cegah Stunting (Gertak Ceting), Sistem Informasi Penanganan Stunting (SiPENTING) dan Geospasial Berbasis NIK dan Koordinate (Geonik).

"Dengan berbagai inovasi ini, kita berhasil menekan angka prevalensi stunting dari 3,01 persen menjadi 2,15 persen, atau turun dari 322 kasus pada 28 Februari 2023 menjadi 196 kasus pada 31 Desember 2023," terangnya.

Rida menyebut, saat ini Pemko Payakumbuh sangat konsen memperhatikan kelompok keluarga beresiko khususnya remaja puteri, calon pengantin, ibu hamil, bayi, balita.

"Melalui aksi konvergensi dan sinergi semua pihak, kita siap menuju zero stunting. Mudah-mudahan kita menjadi yang terbaik di Sumbar dengan berbagai upaya yang telah kita lakukan," tutupnya.

Sementara itu, tim penilai Quartita Evari Hamdiana yang merupakan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumbar memberikan apresiassi dan atensi atas keseriusan Pemko Payakumbuh dalam upaya penurunan stunting di Payakumbuh.

"Payakumbuh sungguh luar biasa, langsung dihadiri ketua TPPS nya lengkap dengan tim TPPS. Semoga dengan apa yang telah dicapai bisa menjadikan Kota Payakumbuh sebagai yang terbaik di Sumbar," tuturnya. (*)

Baca Juga

Kapolres Payakumbuh Wahyuni Sri Lestari mengatakan, pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI yang akan dilaksanakan 13 Juli
Polres Payakumbuh Kerahkan 217 Personel Amankan PSU DPD RI 13 Juli
Sekda Payakumbuh, Rida Ananda menghadiri rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Aula Randang,
Pemko Payakumbuh Komitmen Realisasikan Percepatan Penurunan Stunting
Pemko Payakumbuh akan menggelar lomba mural guna menyambut HUT RI ke-79. Untuk mempersiapkan lomba tersebut, Pemko Payakumbuh mengadakan
Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural Guna Sambut HUT RI ke-79, Ini Jadwalnya
Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh ikut berkurban bersama masyarakat Tangah Padang, Kelurahan Balai Panjang melalui program ASN Berkurban
Hewan Kurban dari Pj Wako Payakumbuh Disalurkan di Tangah Padang
Sebanyak 30 kelompok tani di Kota Payakumbuh menerima bantuan alat dan mesin pertanian di Kantor Dinas Pertanian Kota Payakumbuh.
30 Kelompok Tani di Payakumbuh Terima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian
Penjabat Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno menerima kunjungan dari UP3 PLN Payakumbuh di ruang kerja lantai II Kantor Wali Kota Payakumbuh
Bertemu UP3 PLN Payakumbuh, Pj Wako Sinergikan Sejumlah Program Pemko